Sabtu, 1 November 2014
Update Info
Beranda / Artikel / KERAJINAN KERAMIK DINOYO MALANG

KERAJINAN KERAMIK DINOYO MALANG

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop dan UKM) bakal membangkitkan kembali hasil produksi keramik yang berada di kampung keramik Dinoyo, Malang. Pertama kali yang akan dilakukan para pengrajin keramik adalah agar dapat memproduksi bahan baku sendiri.

Pada saat ini Diskop dan UKM sudah menyiapkan alat-alat. Walaupun sudah ada alat, mereka tidak mau memakainya. Dengan membuat bahan baku sendiri, pengrajin keramik Dinoyo bisa mengukur kualitas produksinya, dan inilah yang disebut kerajinan tangan.

Untuk menyiapkan SDM, Diskop dan UKM juga sudah menyiapkan anggaran pemberdayaan tahun 2010 lalu dan mendapat jatah anggaran dari APBD senilai Rp. 7,5 Miliar. Kota Malang Rp. 4 Miliar dan Rp. 3,5 Miliar dari Provinsi Jawa Timur.
Sementara itu, Daputi pemasaran kementrian Koperasi dan UKM Neddy Rafinaldy Halim sudah menyiapkan program pemberdayaan UKM di masyarakat.

Agar hasilnya maksimal Neddy akan menyeleksi pengrajin yang berpotensi berkembang. Salah satunya adalah produksi keramik di Malang. Produk-produk yang dinilai berkembang mendapatkan fasilitas yang memadai dari pemerintah.

Selain melihat proses produksinya, juga menguji kwalitas keramik yang dihasilkan sementara itu. Ketua pengrajin keramik Dinoyo Samsul Arifin mengatakan, dalam sehari pengrajin mampu memproduksikan 2000 sampai 3000 keramik. Hasil pengrajin ini akan dipasarkan ke Jawa dan Bali. Ketua pengrajin ini mampu meningkatkan produksi keramik ini.

Tentang andre

5 komentar

  1. Salam,
    kebetulan kami membuka usaha souvenir di surabaya, permintaan akan keramik sangatlah banyak, terutama untuk luar pulau jawa. Apa mungkin kami bisa mendapatkan alamat lengkap+CP pengrajin/pabriknya di dinoyo, Malang?

    Ari Nurdiansyah

  2. Assalamualaikum.

    disini saya mau bertanya apa saja alat-alat yang digunakan untuk membuat kerajinan keramik dinoyo di kota malang?.

    dan cara memberi pewarnaan dalam kerajinan keramik itu bagaimana?.

  3. assalamualaikum
    saya ingin belajar membuat keramik beserta pengglasiran, apakan dikota Malang ada tempat belajar atau tempat
    kursus dan berapa biayanya,,trimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>