Kamis, 28 Agustus 2014
Update Info
Beranda / Berita / KIM PURWOAGUNG SABET JUARA 2 DALAM LOMBA LCCK TINGKAT BAKORWIL MALANG

KIM PURWOAGUNG SABET JUARA 2 DALAM LOMBA LCCK TINGKAT BAKORWIL MALANG

Guna untuk mengukur sejauh mana KIM BAKORWIL Malang dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam penyampaian informasi dan mengolah informasi sesuai dengan kebutuhan masyaraat setempat, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi jawa Timur mengadakan Lomba Cerdik Cermat Komunikatif antar Kelompok Informasi Masyarakat se BAKORWIL malang.

Sebanyak 12 PesertaKIM mengikuti Verifikasi Administrasi di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi jawa Timur Jl. Rajawali 6-8 Surabaya (23-24/2) yang terdiri dari Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, Kota Batu, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kota Situbondo, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten banyuwangi.

Dari 12 Peserta KIM yang diundang, 3 peserta tidak hadir dalam pelaksanaan Verifikasi Administrasi yaitu Kab. Bondowoso, Kab. jember, dan Kab. Banyuwangi dan hanya dihadiri 9 KIM saja. Dalam Verifikasi Administrasi kemaren 9 KIM tersebut di periksa dan nilai dari segi Struktur Organisasi, Nama-nama Pengurusnya, Agenda Kegiatan selama 1 tahun, Dokumentasi kegiatan, dan kegiatan-kegiatan apa yang menonjol, hasilnya hanya 4 KIM yang dinyatakan lolos ke babak final yaitu KIM WARKOP dari Kota Batu, KIM SUKAWARTA dari Kab. Pasuruan, KIM PURWOAGUNG dari Kota Malang, dan KIM WARUNG KREATIF dari Kota Probolinggo yang nantinya akan mengikuti final di Batu-Malang.

Pada pelaksanaan final hari ini (3/3) di Desa Punten Kecamatan Bumiaji Batu, “untuk tahun ini pelaksanaan lomba cerdik cermat Komunikatif agak sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya” ucap Sudjono, yang merupakan Kepala Kominfo Provinsi Jatim. Agar kelihatan nuansa pedesaan dan alami, maka pelaksanan lomba diadakan di ruang terbuka dengan latar belakang persawahan, hutan, dan perkebunan” lajut sudjono.

Dalam Lomba yang dilaksanakan di lapangan Desa Sidomulyo ini sayangnya Bapak Walikota Batu Edi Rumpoko tidak bisa hadir menyaksikan fina Lomba LCCK ini dan hanya  diwakili oleh Pak Maryadi Asisten 1 Pemkot Batu, juga hadir SKPD terkait, muspida dan Muspita Kota Batu, serta perwakilan dari Bank Jatim yang merupakan sposor utama acara LCCK ini.

Final LCCK berlangsung sangat meriah sekali yang disiarkan langsung oleh stasiun televisi TVRI dan berbagai TV lokal lainnya. masing-masing peserta KIM didukung oleh supporter yang sangat antusias sekali. Dalam hal ini supporter dari Kabupaten pasuruan berjumlah paling banyak dengan membawa bermacam atribut, tak kalah Kota Malang dan supporter peserta lainnya tak kalah heboh dalam mendukung KIM daerahnya masing-masing.

Lomba final LCCK ini, masing-masing KIM hanya boleh diwakili oleh 3 peserta yang maju untuk berlomba. Dalam pelaksanaan Lomba Materi soal atau pertanyaan di berikan secara random oleh juri adapun materinya ada 7 yaitu Bidang Pendidikan, Perluasan lapangan pekerjaan, Kesehatan, Pengentasan Kemiskinan, Lingkungan hidup, Pelayanan Publik, dan Pemberdayaan Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Acara inti lomba final LCCK ini di bagi menjadi  2 segmen yaitu Segmen pertama masing-masing peserta setelah menerima materi selanjutnya melakukan browsing mencari materi tersebut dan mempostingnya ke dalam blog yang hanya diberi waktu 5 menit saja oleh tim juri, setelah selesai tim juri memberikan komentar masukan dan kritikan kepada masing-masing peserta. Berlanjut pada segmen kedua yaitu masing-masing peserta di suruh untuk mempraktekan teknik berkomunikatif sesuai dengan materi yang diterima tadi di depan para tamu undangan dan supporter, “Masing-masing peserta membawakannya dengan sangat bagus” ucap para juri, yang selanjutnya tim juri berdiskusi untuk pemberian penilaian kepada masing-masing peserta KIM. Hasilnya KIM WARKOP dari Kota Batu menyabet juara pertama di ikuti

KIM PURMOAGUNG dari kota Malang sebagai juara ke dua, KIM SUKAWARTA dari Kab. Pasuruan juara ke tiga, dan KIM WARUNG KREATIF dari kota Probolinggo menduduki peringkat ke 4 atau juara Harapan I, selanjutnya KIM WARKOP Kota Batu yang berhak mewakili jawa timur untuk maju dalam LCCK tingkat Provinsi.

Tentang Laode Muhamad Arif Mahendra

Laode Muhamad Arif Mahendra
Staf Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Satu komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>