Kamis, 17 April 2014
Update Info
Beranda / Berita / Dispenda Optimis Target BPHTB 2011 Tercapai

Dispenda Optimis Target BPHTB 2011 Tercapai

Mardioko, SH, M.Si, Kepala Dispenda Kota Malang

Realisasi Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang dikelola oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Malang hingga minggu ke-3 bulan April sudah mencapai 29,04 persen. Pencapaian ini jika dinominalkan sudah cukup besar, yaitu sebesar Rp. 12.057.719.849. Target dalam 1 tahun sebesar 41 milyar. Hal ini menunjukkan tren positif atas kinerja Dispenda, karena tahun sebelumnya dikelola oleh kantor pajak.

Menurut Kepala Dispenda Kota Malang, Mardioko, Besaran angka itu diperoleh dari berbagai pemasukan, dari pemindahan hak yang berupa jual beli,tukar menukar, hibah, wasiat, dan lain-lain. “Dari sekian banyak sumber itu, yang paling banyak dari pengajuan pribadi berupa waris. Dispenda akan selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar pencapaian BPHTB ini bisa mencapai atau bahkan melampaui target,” ujar Mardioko, saat ditemui, Rabu (27/4)

“Dari sepuluh Pejabat Pembuat Akte Tanah (PPAT) di Kota Malang, mulai bulan Januari hingga Maret 2011 ada 313 orang yang mengajukan sebagai wajib pajak. Sebenarnya jumlah itu bisa bertambah jika semua notaris bisa melaporkan ke pihak Dispenda. Sedangkan PPAT ini dibagi menjadi 3 tipe yaitu, tipe A untuk PPAT Notaris, tipe B – PPAT yang ada di kecamatan dan tipe C – PPAT yang ada di kantor lelang,” sambung pria yang akrab disapa Koko ini.

Lebih lanjut Koko mengatakan bahwa, untuk target 41 milyar itu pihak Dispenda optimis bisa mencapai atau bahkan melampauinya. “Ini berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya (2010). Dengan pelayanan yang maksimal, ketepatan waktu, kenyamanan, dan lain sebagainya, serta didukung oleh SDM yang handal kami yakin bisa merealisasikan angka 41 milyar itu,” pungkas Mardioko. (say)

QR Code - Take this post Mobile!
Gunakan kode QR (Quick Response) yang unik dengan perangkat pintar Anda. Kode akan menyimpan url dari halaman web ini ke perangkat mobile dan untuk berbagi penyimpanan.

Tentang Achmad Syaiful Afandi

Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>