Kamis, 21 Agustus 2014
Update Info
Beranda / Berita / Adipura Kencana Lolos, Alun-Alun Tugu Dapat Penghargaan Terbaik

Adipura Kencana Lolos, Alun-Alun Tugu Dapat Penghargaan Terbaik

Wasto - Kepala DKP Kota Malang

Tanggal 7 Juni 2011 presiden Republik Indonesia, Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono akan menyerahkan Piala Adipura kepada kabupaten/kota yang meraih penghargaan di bidang kebersihan ini di Senayan Jakarta, termasuk juga penghargaan Adipura Kencana. Banyak sekali obyek yang menjadi penilaian untuk bisa meraih penghargaan Adipura ini, diantaranya adalah kebersihan pasar, terminal, stasiun dan ketersediaan penunjang kebersihan seperti halnya adanya tong sampah.

Ada 3 kategori Adipura yang akan diserahkan, yaitu untuk kategori kota kecil, kota besar dan kota metropolitan. Kota Malang termasuk dalam kategori kota besar. Setelah 3 kali mendapat penghargaan Adipura, Kota Malang berhak mendapat penghargaan Adipura Kencana pada tahun 2011 ini. Tapi, sangat disayangkan, Kota Malang tidak bisa meraih penghargaan itu setelah bersaing dengan Kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang, Wasto membenarkan kabar ketidakberhasilan Kota Malang yang tidak bisa meraih penghargaan Adipura Kencana ini. Menurut Wasto, seleksi penilaian adipura kencana tahun 2011 ini sangat ketat dan di antaranya adalah great penilaiannya dinaikkan. “Tahun 2010 nilainya harus mencapai 71, tahun 2011 73 dan Kota Malang meraih nilai 72 koma sekian,” ujar Wasto, Senin (6/6).

Wasto menambahkan, yang memperoleh penghargaan Adipura Kencana adalah Yogyakarta dan Pekanbaru. Pihak Pemkot Malang akan mengevaluasi hasil penilaian tim juri Adipura Kencana itu, dan dari evaluasi itu akan dijadikan sebagai acuan pada penilaian Adipura tahun 2012. “Setelah dievaluasi, diharapkan Kota Malang bisa meraih penghargaan di bidang kebersihan ini lagi pada tahun 2012 mendatang,” harapnya.

Lebih lanjut Wasto memaparkan, meski tidak meraih penghargaan Adipura Kencana, Kota Malang masih meraih satu penghargaan yaitu Alun-alun Tugu. “Alun-alun Tugu meraih penghargaan sebagai sarana dan prasarana penunjang penilaian Adipura terbaik. Jadi, meskipun Adipura Kencana tidak bisa diraih Kota Malang, masih ada satu penghargaan yang patut kita banggakan,” pungkas Wasto. (say)

Tentang Achmad Syaiful Afandi

Achmad Syaiful Afandi
Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>