Selasa, 21 Oktober 2014
Update Info
Beranda / Artikel / Dari Lembaga Kursus Hingga Burger Semi Franchise

Dari Lembaga Kursus Hingga Burger Semi Franchise

Turut mencerdaskan calon generasi bangsa merupakan pekerjaan mulia yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Banyak cara untuk berpartisipasi dalam rangka memberikan sumbangsih positif itu terhadap bangsa ini, salah satunya adalah dengan memberikan ilmu pengetahuan seperti halnya kursus bahasa Inggris. Hal inilah yang dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga bernama Rizky Noorhamidinah warga Jalan Ahmad Yani no 43 Kota Malang.

Rizky Noorhamidinah menunjukkan burger hasil buatannya

 

 

Sejak tahun 2008, perempuan yang mempunyai satu putra ini bergelut dengan pembelajaran Bahasa Inggris di tempat tinggalnya. Rizky menerima dan mengajarkan bahasa Inggris berbagai level atau tingkatan kepada semua pelajar dan mahasiswa yang mau belajar di tempatnya. Hingga tahun 2011 ini, lembaga kursus Rizky telah meluluskan 100 peserta dan pada tahun 2011 ini masih tercatat sebanyak 60 anak didik yang belajar di tempatnya.

Dari menekuni lembaga pembelajaran inilah akhirnya muncul ide dari orang tua dan para peserta didiknya untuk mendirikan tempat yang suasananya santai sambil menikmati camilan serta minuman. Dari ide itu, pada tahun 2009 akhirnya alumnus Universitas Brawijaya Malang ini mendirikan sebuah cafe di lokasi kursus, tepatnya di lantai satu, karena di lantai dua digunakan untuk tempat pembelajaran.
Untuk memfasilitasi keinginan wali murid dan peserta didiknya itu Rizky memilih burger sebagai menu utama cafe selain beberapa minuman. Agar suasana lebih nyaman dan santai ia juga melengkapi tempat nongkrong itu dengan fasilitas WiFi. Adanya cafe ini untuk memberikan kenyamanan saat peserta didiknya mau dan setelah menyelesaikan belajarnya agar mereka tidak jenuh dengan suasana belajar yang memakan waktu cukup lama.

Di tempat nongkrong yang diberi nama “Bee cafe” ini, Rizky menyediakan berbagai minuman dan juga burger. Pengunjung dapat menikmati berbagai jus, minuman hangat dan juga berbagai macam burger seperti burger reguler, cheese burger, onion crispy burger, double burger, dan sebagainya. Baik minuman dan burger hasil karya Rizky ini mempunyai rasa khas serta harganya sangat terjangkau, karena para konsumennya kebanyakan dari kalangan pelajar dan mahasiswa yang sekaligus sebagai peserta didik di lembaganya.

Menurut Rizky, burger hasil buatannya memiliki rasa yang khas jika dibanding dengan burger yang ada di pasaran. Rasa daging burger yang ada di Bee Cafe lebih original dan Indonesia banget karena tidak dicampuri dengan bahan pengawet. Begitu juga dengan mayones yang juga diolah sendiri oleh Rizky.

Mayones hasil olahan Rizky ini lebih segar, tidak amis dan kuning telurnya lebih terasa. Jika daging yang ada di sebuah burger mengandung bahan pengawet, maka rasanya akan sangat beda dengan yang alami.”Biasanya kalau kebanyakan orang bilang itu, setelah dimakan terasa ‘nyethak’ di tenggorokan. Dari rasa itulah kita bisa membedakan daging original atau campuran,” kata Rizky saat ditemui di cafenya, Sabtu (11/6).

Karena cafe ini satu atap dengan lembaga pendidikan, maka setting maupun suasananya menyesuaikan, seperti halnya tidak boleh merokok saat menikmati makanan dan minuman di cafe tersebut. Jadi bisa dibilang cafe itu merupakan cafe pendidikan. Seiring berjalannya waktu dan ketekunannya, saat ini Rizky sudah mempunyai dua cabang dan 4 orang karyawan. Satu lokasi berada di lingkungan kampus Universitas Brawijaya Malang dan satunya lagi di Malang Town Square (Matos). Jika ada even berskala besar, Rizky juga merekrut beberapa SPG untuk menjual dan mempromosikan produknya kepada publik.

Agar usaha burger ini lebih dikenal oleh masyarakat, tahun 2012 mendatang Rizky berencana akan membuka cabang-cabang baru di seluruh perguruan tinggi yang ada di Malang ini. Selain itu ia juga akan membuka peluang kepada masyarakat yang berminat membuka usaha ini, karena Rizky akan membuka kerjasama semi franchise (waralaba_red). Siapapun boleh dan bisa memanfaatkan kesempatan ini, karena Rizky juga membuka jalan selebar-lebarnya dan persyaratannya pun tidak rumit serta dengan modal yang sangat kecil.

Rizky merasa yakin usahanya ini bisa diterima oleh masyarakat. Hal ini ia buktikan dengan omset dari masing-masing outlet yang ada saat ini (3 tempat_red) bisa meraup keuntungan tidak kurang dari 10 juta dalam setiap bulannya. Di samping itu, ia juga telah menerima banyak pesanan dari berbagai kalangan pejabat saat menggelar suatu acara. Sedangkan untuk memberikan pelayanan kepada konsumen Rizky juga menyiapkan tenaga delivery khusus. Selain itu, untuk menjadi hubungan dan mempertahankan para konsumennya, Rizky selalu menanyakan pesan maupun kesan tentang rasa burger yang ia jual.

Usaha burger Rizky saat ini sudah banyak dikenal masyarakat dan beromset besar. Dari fakta inilah akhirnya ia memutuskan untuk menambah koleksi menu cafenya dengan berbagai menu nasi. Sehingga setiap pengunjung yang datang ke Bee Cafe mempunyai banyak pilihan menu.

Untuk membuat 45-50 burger dibutuhkan :
1 kg daging giling, ¼ kg slada, 1 ½ ons irisan timun, ¼ ml mayones

======================================

Biodata Rizky

Nama : Rizky Noorhamidinah
T.T.L : Malang, 29 November 1973
Pekerjaan : Owner Bee Cafe
Alamat : Jl. Ahmad Yani No 43 Kota Malang
Pendidikan : SD Negeri Blimbing 3 Kota Malang
SMP Negeri 3 Kota Malang
SMA Negeri 1 Kota Malang
FIA – Univ. Brawijaya Malang
Suami : Indrayadi
Putra : Rizdra Al Adli Muflih

======================================

Tentang Achmad Syaiful Afandi

Achmad Syaiful Afandi
Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Satu komentar

  1. assalammualaikum..ibu Noor. kami tertarik dg yg ibu tawarkan, krn toko baru kami berada di depan sekolah satu atap (sma,smp,sd & tk)..bagaimana kami bisa menghubungi ibu Noor?trims (fauzan, probolinggo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>