Kamis, 23 Oktober 2014
Update Info
Beranda / Berita / KA “Senja Kediri” Tambah 1 Armada

KA “Senja Kediri” Tambah 1 Armada

Saat musim liburan seperti pada minggu-minggu ini banyak warga masyarakat yang menikmati masa liburannya dengan keluarga untuk menghabiskan waktu di luar kota. Dari beberapa sarana transportasi, warga masyarakat bisa menggunakan jasa kereta api. Disamping lebih sedikit menghemat biaya, berlibur menggunakan jasa kereta api bisa lebih nyaman dan santai saat bersama keluarga.

Saat liburan, antrian tiket KA mengular

Membludaknya penumpang kereta api pada liburan kali ini, terutama untuk tujuan Jakarta membuat PT KAI DAOP VIII Surabaya menambah 1 kereta api “Senja Kediri”. Kereta api ini berisi 7 gerbong dengan kapasitas tiap gerbong sebanyak 64 orang. Adanya penambahan ini diharapkan bisa melayani kebutuhan masyarakat yang akan berlibur ke luar kota.

Seperti yang disampaikan oleh kepala stasiun kota Baru Malang, Ali Afandi, bahwa pihaknya sengaja menambah 1 kereta api tujuan Jakarta untuk kereta api “Senja Kediri”. Kereta api “Senja Kediri” yang awalnya hanya melayani tujuan dari Kediri ke pasar senen (Jakarta) PP, pada liburan kali ini ditambah menjadi Malang-Pasar senen,” ujar Ali saat ditemui di tempat kerjanya, Senin (27/6).

Ali menambahkan, penambahan 1 kereta api merupakan permintaan dari masyarakat agar mereka bisa terlayani dan berlibur dengan nyaman. “Kereta api ‘Senja Kediri’ ini akan beroperasi sejak tanggal 1 Juli 2011 mendatang. Adapun tarif batas atas kereta kelas bisnis tersebut sebesar Rp 300 ribu dan batas bawah sebesar Rp 250 ribu. Pemberangkatan dari Stasiun Kotabaru Malang pukul 13.50 wib dan sampai pasar Senin Jakarta pukul 06.36 wib. Sedangkan dari Jakarta pukul 15.00 wib dan sampai Malang pukul 07.23 WIB,” sambungnya.

Lebih lanjut Ali menambahkan, bahwa kenaikan penumpang pada saat liburan ini hingga 20 persen atau kurang lebih sebanyak 240 penumpang setiap harinya. “Kapasitas penumpang yang duduk pada kereta ini sebanyak 800 orang dan ada tempat berdiri mencapai 400 orang. Untuk fasilitas, sama dengan kereta api bisnis yang lain, seperti makan dan kipas angin. Yang terpenting adalah, bahwa Kereta api ini bebas dari pedagang asongan, gepeng (gelandangan dan pengemis_red) dan juga pengamen,” imbuhnya.

“Pada liburan kali ini, sebagian besar warga masyarakat menghabiskan masa liburannya dengan tujuan Yogyakarta dan Jakarta. Sementara, di stasiun kota baru Malang, kedatangan penumpang dalam 1 hari mencapai 3500 hingga 4000 orang. Sedangkan yang berangkat dari Malang sebanyak 4500 hingga 5000 orang. Hal ini menunjukkan tingginya animo masyarakat untuk menghabiskan masa liburannya ke luar kota,” pungkas Ali. (say)

Tentang Achmad Syaiful Afandi

Achmad Syaiful Afandi
Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>