Senin, 22 September 2014
Update Info
Beranda / Artikel / Sulap Handuk Jadi “Roti”, Bawa Rejeki

Sulap Handuk Jadi “Roti”, Bawa Rejeki

Di tangan orang yang kreatif handuk tidak hanya sekedar sebagaai alat membantu membersikan badan seusai mandi. Dengan kreativitas, ternyata handuk bisa menjadi sebuah souvenir cantik, Towel Cake, seperti yang kini menjadi usaha dari Bayu Aji, warga Jl. Ciliwung Gang I/55 H, Kota Malang.

Bayu Aji bersama kue tart dari handuk buatanya

Melalui Galeri Bunda, produk towel cake dari handuk yang diproduksi alumni Fakultas Pertanian Unibraw ini sudah merambah ke berbagai penjuru nusantara. Bagusnya prospek berbisnis souvenir ini membuat dia rela berhenti dari tempatnya bekerja di PT Pioner.

Bayu mengungkapkan,nama galeri Bunda sengaja dia pilih karena bunda merupakan panggilan kesayangan untuk sang istri. Usaha towel cake yang dia geluti saat ini, sudah dia rintis sejak tiga tahun lalu.

“Awalnya saat menghadiri pernikahan teman mendapat souvenir dari handuk yang sudah dibentuk seperti kue yang cantik,” jelas Bayu, Senin (18/7).
Tertarik dengan souvenir pemberian teman itu akhirnya sampai di rumah Bayu dan istri langsung membongkar souvenir tersebut. Dari situlah dia belajar pertama kali, bagaimana membuat towel cake.

“Bermula dari belajar itu, saya kemudian sering membaca-baca dari internet. Akhirnya ketemulah gaya towel cake milik kami yang berbeda dengan produk lain,” kata Bayu.

Untuk memasarkan produk yang dibuat, Bayu mengaku selama ini mengandalkan sitem online. Di tahun pertama saja untungnya sudah lumayaan, karena itu dia akhirnya memilih berhenti dari tempatnya bekerja dan menekuni towel cake.

Seiring berjalannya waktu, towel cake yang dibuat Bayu sudah semakin beragam. Mulai souvenir untuk pernikahan, souvenir untuk kado, ulang tahun, dan lain-lain kini karyanya sudah semirip asli.

Kini usahanya sudah semakin berkembang. Bayu menyebutkan, untuk memesan produk yang dia buat, kalau jumlahnya 100-200 pcs pemesanan harus seminggu sebelumnya. Pemesanan 500-1000 harus dua minggu sebelumnya. Sedangkan pemesanan dalam jumlah besar 1500 ke atas ordernya harus tiga bulan sebelumnya.

Towel cake made in Galeri Bunda, harganya bervariasi mulai dari Rp 4.000 sampai dengan Rp 300.000. Sistem pembeliannya, 70 persen dari harga yang dipesan harus sudah dibayar dahulu, sedangkan 30 persennya dilunasi saat pesanan jadi.

Selain melalui sistem online, untuk memperluas jaringan pemasaran yang selama ini 70 % pasar luar Malang dan 30 persen pasar Malang. Bayu mengaku akhir-akhir ini, sering mengikuti berbagai pameran. Diantaranya di acara Malang Kembali dan pameran produk unggulan yang digelar Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang, 16-17 Juli lalu di Velodrome Sawojajar. (cah)

Tentang Cahyo Nugroho

Cahyo Nugroho
Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

2 komentar

  1. Pak,, bagaimana kalau saya ingin menjadi reseller dari toko souvenir online? Brapa harga grosir yg bisa diberikan kepada saya, dan saya ingin diberi contoh2 kerajinan handuk’nya supaya bisa dipasarkan. Tolong dikirim ke email saya ya…
    Terima kasih.

  2. saya tertarik sekali dgn kerajinan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>