Jumat, 25 April 2014
Update Info
Beranda / Berita / Pondok Ramadhan, Siswa Pelajari Kitab Kuning

Pondok Ramadhan, Siswa Pelajari Kitab Kuning

Sebagaimana dengan sekolah dan madrasah lainnya, MTs Al-Amin yang berada di Jalan A. Yani Sidomulyo II/19 Blimbing Malang ini juga menggelar Kegiatan Pondok Ramadhan atau Pesantren Kilat selama tiga hari.

Siswa mengikuti materi Pondok Ramadhan dengan serius

Kegiatan yang digelar mulai 18, 19, 20 Agustus 2011 ini wajib diikuti oleh seluruh siswa yang berjumlah kurang lebih 117 siswa. Walaupun tidak menginap namun siswa mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat.

Yang menarik dalam pesantren kilat ini adalah penguatan materi kepesantrenan bagi siswa. Siswa belajar mengenal dan membaca kitab-kitab kuning, yakni kitab yang lazim dipelajari di pondok-pondok pesantren.

Ternyata cukup banyak siswa yang belum mengenal kitab kuning, dan belum dapat membaca huruf-huruf pego/pigu. Memang, dalam pelaksanaan pensantren kilat ini, siswa hanya dikenalkan pada kitab-kitab dasar antara lain Kitab Ta’lim Muta’alim (menjelaskan mengenai adab-adab menuntut ilmu), Kitab Safinatun Najah dan Mabadi’ul Fiqh (pelajaran fiqh/hukum Islam, serta Risalatul Mahid (membahas masalah fiqh wanita).

Supiin, S.Pd Ketua Panitia Pelaksana kegiatan pondok Ramadhan ini memaparkan bahwa tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ketaqwaan siswa-siswi MTs Al-Amin. “Sengaja kami memilih metode pembelajaran kitab kuning untuk mengenalkan kitab-kitab agar siswa merasakan suasana di pondok pesantren sebenarnya,” tambahnya.

“Mudah-mudahan pada tahun-tahun mendatang, kegiatan ini dapat terlaksana dengan pengembangan metode yang lebih baik,” pungkas pria yang juga menjabat sebagai Waka Kesiswaan MTs Al-Amin ini. (dmb)

QR Code - Take this post Mobile!
Gunakan kode QR (Quick Response) yang unik dengan perangkat pintar Anda. Kode akan menyimpan url dari halaman web ini ke perangkat mobile dan untuk berbagi penyimpanan.

Tentang Dani Maroe Beni

Pengelola Media Center Kendedes Staf Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Satu komentar

  1. MTs Al-Amin Malang membuka penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2012/2013 dan ketentuannya sebagai berikut.

    Keterangan:
    1. Peringkat 1-3 di kelas V dan VI mendapatkan keringanan sebesar 50% biaya masuk.
    1. Peringkat 4-6 di kelas V dan VI mendapatkan keringanan sebesar 25% biaya masuk.
    1. Peringkat 7-10 di kelas V dan VI mendapatkan keringanan sebesar 10% biaya masuk.

    Syarat:
    - Untuk mendapakan keringanan hal di atas, silahkan menyerahkan foto copy raport semester ganjil genap dari kelas V dan VI serta surat keterangan benar-benar meraih prestasi dari kepala sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>