Kamis, 23 Oktober 2014
Update Info
Beranda / Berita / Naik Kereta, Dilarang Merokok

Naik Kereta, Dilarang Merokok

Ali Affandi, Kepala Stasiun Kotabaru Malang

Naik kereta api yang selama ini sering dipusingkan oleh ulah para perokok, mulai hari ini dipastikan tidak ada lagi. Kebijakan PT KAI melarang merokok di dalam gerbong kereta api, di area tempat tunggu penumpang di stasiun membuat naik kereta dipastikan semakin nyaman, Kamis (1/12).

Begitu juga yang terlihat di Stasiun Kota Baru, Kota Malang, Kamis (1/12) sudah tidak lagi terlihat masyarakat merokok sembarangan. Satpam stasiun Kota Baru juga nampak sangat ketat mengawasi pengunjung, jika aa yang merokok langsung ditegur untuk menghentikan.

Larangan merokok di stasiun Kota Baru

Kepala stasiun Kota Baru, Ali Affandi mengakui hari ini memang mulai diberlakukannya aturan dilarang merokok di kereta api dan stasiun Kota Baru. Bagi para perok diberi tempat tersendiri di peron sebelah selatan Stasiun Kota Baru.

“Tidak ada sanksi khusus bagi para perokok di hari pertama pemberlakuan aturan ini, kami lebih banyak persuasif saja. Yang jelas di dalam gerbong harus steril dari para perokok,” jelas Ali, Kamis (1/12).

Dengan adanya aturan yang ketat ini, Ali berharap para penumpang semakin nyaman menggunakan angkutan kereta api. Sehingga ke depan akan semakin banyak warga yang menggunakan kereta sebagai andalan dalam bepergian.

Untuk mengkampanyekan gerakan ini, di lingkungan stasiun didalam kereta api di isi dengan berbagai himbauan pamphlet dan poster larangan merokok. Sekurity kereta api dan kondektur akan selalu melakukan pengamatan berkala untuk memastikan tidak ada orang yang merokok di kereta.

“Bukan hanya di Kota Malang sajaaturan melarang merokok dikereta saat ini sudah berlaku nasional di seluruh Indonesia,” terang Ali.

Siti Zahroh penumpang kereta, mengaku senang dengan terbebasnya kereta dari asap rokok yang selama ini sering membuatnya terganggu. Dengan adanya aturan ini dia semakin lega menggunakan angkutan kereta, termasuk saat mengajak anak-anaknya yang masih kecil-kecil.

“Selama ini meski tidak suka ada yang merokok penumpang tidak bisa berbuat apa-apa untuk mengingatkan karena sungkan. Semoga aturan ini berjalan setiap hari, sehingga menumpang kereta benar-benar bisa nyaman,” tegas Siti. (cah/dmb)

Tentang Cahyo Nugroho

Cahyo Nugroho
Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>