Rabu, 23 Juli 2014
Update Info
Beranda / Serba Serbi / Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)

Apakah Sih KIM itu?
Lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya terletak di di perkotaan/pedesaan beranggotakan 3 (tiga) sampai 30 (tiga puluh) orang dapat terdiri dari remaja, orang dewasa/tua, laki-laki atau perempuan, Pelajar atau mahasiswa, pedagang, petani atau nelayan dll

TUJUAN PEMBENTUKAN KIM

  1. Menemukan masalah bersama melalui diskusi dengan anggota kelompok.
  2. Mengenali cara pemecahan masalah
  3. Membuat keputusan bersama
  4. Melaksanakan keputusan dengan kerjasama.
  5. Mengembangkan jaringan informasi untuk memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan.

VISI KIM
Terwujudnya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera.

MISI KIM

  1. Mendorong tumbuh dan berkembangnya KIM secara mandiri sebagai wahana informasi dalam masyarakat.
  2. Meningkatkan peranan KIM dalam memperlancar arus informasi antar anggota masyarakat dan antara pemerintah dengan masyarakat.
  3. Meningkatkan kemampuan Anggota KIM dan masyarakat dalam mengakses dan mengelola informasi dalam rangka meningkatkan literasi informasi dan mengatasi kesenjangan informasi.

TUGAS KIM

  1. Mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi.
  2. Memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat.
  3. Mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya.
  4. Menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok yang lainnya untuk mewujudkan kebersamaan, kesatuan dan persatuan bangsa.

FUNGSI KIM
Sebagai wahana informasi:

  1. Antar anggota KIM secara horisontal
  2. Dari KIM ke pemerintah secara bottom up
  3. Dari pemerintah kepada masyarakat secara top down
  4. Sebagai mitra dialog dengan Pemerintah, Pemda Provinsi dan Pemda Kabupaten/Kota dalam merumuskan kebijakan publik.
  5. Sarana peningkatan literasi masyarakat di bidang informasi dan media massa serta teknologi informasi dan komunikasi di kalangan anggota KIM dan masyarakat.
  6. Sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi.

AKTIVITAS POKOK KIM : A D I N D A

  • Akses Informasi yaitu melakukan aktivitas untuk mengakses   informasi dari berbagai sumber, baik sumber langsung maupun tidak langsung
  • Diskusi yaitu setelah mengakses informasi kemudian dilakukan diskusi, tukar menukar informasi, dan memecahkan masalah
  • Implementasi yaitu tahapan yang sebelumnya diputuskan akan menerapkan atau mendayagunakan pengetahuan atau informasi yang di peroleh
  • Networking yang merupakan hubungan antar KIM atau antara anggota setiap KIM secara teratur dalam rangka saling tukar menukar informasi.
  • Diseminasi Informasi (Penyebaran Informasi) yaitu menyebarluaskan informasi, bisa dilakukan bila informasi itu sudah diolah dan diyakini sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal.
  • Aspirasi, kegiatan KIM tidak saja menyebarkan informasi tetapi juga menyerap aspirasi masyarakat

KEDUDUKAN DAN SIFAT KIM

  • Setiap kelompok sosial dapat membentuk KIM mulai dari tingkat RT, RW, Dusun/lingkungan , Desa/Kelurahan sampai organisasi – organisasi yang ada dalam masyarakat .
  • Bersifat mandiri (bebas/independen ) dan swadaya .
  • KIM bersifat non partisan atau tidak terkait  dengan partai atau kepentingan politik apapun.
  • Untuk mencukupi dana operasional serta kesejahteraan anggota KIM dapat melakukan kegiatan usaha melalui unit – unit usaha yang dibangunnya.
  • KIM yang sudah terbentuk memerlukan adanya pengakuan/pengukuhan dari masyarakat dan lembaga Pemerintah, dari tingkat Kelurahan/Desa atau Kecamatan atau Kabupaten / Kota atau Provinsi. Dengan mempertimbangkan perkembangan kondisi yang ada, KIM dapat berbentuk Yayasan atau bentuk Badan Hukum lainnya .

HUBUNGAN KELEMBAGAAN

  • KIM tidak memiliki hubungan hirarki dengan Pemerintah.
  • KIM memiliki hubungan keseteraan dengan media informasi lainnya dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat .
  • KIM sebagai mitra kerja Pemerintah melaksanakan pembangunan seluruh masyarakat agar serasi dan menfasilitasi kelompok kurang beruntung.

STRUKTUR ORGANISASI KIM

Struktur KIM

PEMBERDAYAAN KIM
KIM diarahkan untuk menggunakan teknologi informasi dalam mengakses informasi, yang dalam implementasinya akan disesuaikan dengan kemampuan menyediakan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, atau ketersediaan infrastuktur di lingkungan KIM berada.

POLA PEMBERDAYAAN KIM
Pemberdayaan KIM adalah upaya memberikan penguatan agar KIM bisa melakukan aktifitas sesuai dengan fungsi umum KIM (generik) dan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat (konstektual). Pemberdayaan tersebut melibatkan berbagai elemen sosial meliputi: Pemerintahan, Swasta, Media Massa, Lembaga Masyarakat.

PENDEKATAN PEMBERDAYAAN KIM
Pendekatan dalam pemberdayaan  disesuaikan dengan karakteristik kelompok dan wilayahnya. Pemberdayaan tidak menjadi wahana untuk mengintervensi kelompok untuk kepentingan lain diluar fungsi KIM.

MEDIA UNTUK PEMBERDAYAAN KIM
Dalam rangka pemberdayaan KIM, maka patut diperhitungkan fungsi media untuk KIM, penggunaan media oleh KIM, penyusunan agenda media KIM dan literasi media.

BENTUK PEMBERDAYAAN KIM

  1. Fasilitasi peningkatan kemampuan akses terhadap informasi (dalam bentuk sarana jaringan telepon dan perangkat komputer).
  2. Fasilitasi pengembangan proses diskusi dalam rangka pengelolaan informasi (dalam bentuk penataran kepada pimpinan kelompok sehingga mampu memimpin diskusi kelompok).
  3. Fasilitasi pengembangan implementasi informasi yang telah di akses (menghubungkan dengan instansi terkait lainnya misalnya melalui koordinasi kehumasan pemerintah).
  4. Fasilitasi perluasan jangkauan diseminasi informasi dari kelompok kepada masyarakat (membentuk jaringan dengan media, misalnya kelompok pembaca atau kelompok sosial lainnya seperti PKK).

KEGIATAN PEMBERDAYAAN KIM

  1. Menerbitkan dan mendistribusikan berbagai referensi
  2. Pelatihan dan pendidikan SDM
  3. Mengikutsertakan KIM dalam kegiatan pemerintah terutama yang berkaitan dengan fungsi KIM yaitu di bidang informasi dan kerjasama internasional
  4. Mengembangkan jaringan antar KIM
  5. Membuka jaringan KIM ke institusi terkait
  6. Mendistribusikan bahan informasi untuk KIM
  7. Pengenalan dan peningkatan pemahaman dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.

KIM DI KOTA MALANG
Pada saat ini di Kota Malang telah terbentuk 6 (enam) Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), yaitu :

  1. KIM “CEMARA HIJAU” Kel. Cemoro Kandang Kec. Kedungkandang.
  2. KIM “CENDRAWASIH” Kel. Kasin Kec. Klojen.
  3. KIM “PURWA AGUNG” Kel. Purwantoro Kec. Blimbing.
  4. KIM “LESTARI” Kel. Tunjung Sekar Kec. Lowokwaru.
  5. KIM “BIJAK” Kel. Bandung Rejosari Kec. Sukun.
  6. KIM “ANDONG MERAH” Kel. Pandanwangi Kec. Blimbing.
  7. KIM “KANURUHAN” Kel. Dinoyo Kec. Lowokwaru. (mulai tahun 2012)
  8. KIM “ANUGERAH” Kel. Lesanpuro Kec. Kedungkandang (mulai tahun 2012)


PRESTASI KIM DI KOTA MALANG

  • Tahun 2009: KIM “Lestari” Kelurahan Tunjung Sekar Kecamatan Lowokwaru menjadi Juara 2 Tingkat Bakorwil Wilayah III Provinsi Jawa Timur
  • Tahun 2010: KIM “Andong Merah” Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing menjadi Juara 2 Tingkat Bakorwil Wilayah III Provinsi Jawa Timur
  • Tahun 2012: KIM “Bijak” Kelurahan Bandungrejosari Kecamatan Sukun menjadi Juara 1 LCCK (Lomba Cerdik Cermat Komunikatif) tingkat Bakorwil III Provinsi Jawa Timur

 

Sumber: Bidang SKDI Dinas Kominfo Kota Malang

Tentang Dani Maroe Beni

Pengelola Media Center Kendedes Staf Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

5 komentar

  1. assalamu’alaikum..
    tanya:
    bagaimana prosedur pengurusan ijin legalitasnya sebuah KIM ?
    kami tertarik untuk mengadakan KIM di daerah kami.
    terimakasih.
    wassalamu’alaikum

    • wassalamu’alaikum…
      Prosedur pengurusan izin legalitas KIM (dulu Kelompencapir=Kelompok Pendengar, Pembaca, dan Pirsawan):
      1. Bentuk susunan pengurus dan anggota (20-30 orang)
      2. Bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, meningkatkan usaha rumah tangga, usaha kecil menengah, dan mau usaha.
      3. Memiliki AD/ART KIM
      4. Membuat proposal pengajuan dilengkapi dengan nama KIM, Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kab
      5. Proposal ditandatangani Ketua KIM dan sekretaris KIM
      6. Diajukan ke Dinas Kominfo setempat dengan mengetahui lurah dan ketua LPMK

      demikian jawaban yg kami terima dari bidang SKDI Dinas Kominfo Kota Malang, penjelasan terperinci serta contoh format AD/ART insyaallah akan kami tuliskan dalam artikel tersendiri.
      terima kasih

      • CONTOH PROFOSALNYA GMANA PAK ?

      • Silakan Anda membuat surat, ditujukan kepada:

        Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang,
        up Bidang SKDI (Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi)
        Perkantoran Terpadu Gedung A Lt. 4
        Jl. Mayjen Sungkono Malang
        Telp. (0341) 751550

        Inti surat tersebut adalah mempunyai rencana untuk membentuk KIM, nanti tim dari Bidang SKDI akan turun untuk membantu Anda.
        Informasi lebih detail silakan berkonsultasi pada kontak di atas.

        Terima kasih.

  2. Salam-salaman…..Maju dengan informasi!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>