Sabtu, 19 April 2014
Update Info
Beranda / Event / Poltekom Promosikan Jurusan Alat Berat

Poltekom Promosikan Jurusan Alat Berat

Klojen, MC - Pepatah “sambil menyelam sekalian minum air” nampaknya sangat pas untuk mengibaratkan para peserta yang ikut pameran di Balaikota Malang yang diprakarsai Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang. Betapa tidak, selain menampilkan berbagai karya andalan, para peserta juga ikut mempromosikan sekolah dan kampusnya, Rabu (22/2).

Mahasiswa Poltekom saat berpameran

Dosen Poltekom Malang Redy Bintarto mengatakan, dalam pameran di Balai Kota Malang ini pihaknya tidak hanya sekedar berpameran, tetapi juga memperkenalkan program baru Poltekom yang akan dibuka tahun 2012 ini yaitu program alat berat.

Redy Bintarto

Redy Bintarto

“Tahun ini program alat berat akan kami buka sebab permintaan tenaganya dari berbagai perusahaan sangat besar,” jelas Redy, Rabu (22/2).

Beberapa perusahaan besar yang meminta tenaga alat berat diantaranya adalah Trakindo, United Traktor, Wirabom, Thies, hingga perusahaan dari Australia. Dari beberapa perusahaan besar itu dibutuhkan permintaan tenaga sebanyak 400 orang.

“Untuk program yang pertama ini, kami hanya akan merekrut 40 mahasiswa untuk jurusan alat berat. Kami sengaja membatasi mahasiswa yang akan direkrut untuk menjaga kualitas,” kata Redy.

Menurut Redy, pesanan terhadap tenaga kerja alat berat dari berbagai perusahaan sangat besar, karena selama ini memang langka alumni jurusan alat berat. Kalaupun ada biasanya perusahaan merekrut alumni jurusan elektro dan teknik mesin yang jelas masih perlu mendidik lagi agar bisa menguasai keterampilan alat berat.

Masih mahalnya alat berat yang satu unit saja kisaran harganya mencapai beberapa miliar, jelas menjadi kendala tersendiri bagi perguruan tinggi untuk membuka jurusan alat berat. Kerjasama dengan IPTN dalam pengadaan alat berat, diakui Redy sebagai terobosan Poltekom Malang untuk bisa mendapatkan peralatan berkualitas dengan harga lebih terjangkau.

Dengan dibukanya jurusan alat berat, Redy menyebutkan Poltekom Kota Malang kini memiliki sebanyak empat jurusan. Tiga jurusan yang sudah ada sebelumnya adalah jurusan Mekatronika, Telekomunikasi dan Informatika. (cah/dmb)

QR Code - Take this post Mobile!
Gunakan kode QR (Quick Response) yang unik dengan perangkat pintar Anda. Kode akan menyimpan url dari halaman web ini ke perangkat mobile dan untuk berbagi penyimpanan.

Tentang Cahyo Nugroho

Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>