Sabtu, 25 Oktober 2014
Update Info
Beranda / Berita / Pemkot Malang Akan Bangun 5 Twin Blok Rusunawa

Pemkot Malang Akan Bangun 5 Twin Blok Rusunawa

Sukun, MC - Dalam waktu dekat, Pemkot Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) akan segera membangun 5 twin blok Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa). Rusunawa ini akan diperuntukkan bagi warga kota Malang yang tinggal di daerah aliran sungai brantas, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dibawah Rp 2 juta, PNS golongan I dan II, serta masyarakat dari kalangan menengah ke bawah yang berminat.

Kabid Ciptakarya, DPU kota Malang, Ade Herwanto

Demikian yang disampaikan oleh kepada bidang cipta karya, DPU kota Malang, Ade Herwanto kepada wartawan, Selasa (20/03). Lokasi rusunawa ini akan ditempatkan di daerah Kecamatan Kedungkandang, dengan alasan pengembangan Kota Malang ke depan akan mengarah ke daerah timur. “Lokasi atau tanah yang akan dijadikan pembangunan seluas kurang lebih 2 hektar dan hingga saat ini sudah tidak masalah mengenai pembebasab tanahnya,” ujar Ade.

Meski rusunawa, kata dia, bangunannya tidak akan seperti yang dibayangkan oleh kebanyakan masyarakat, karena nantinya akan dibangun sedemikian rupa sehingga terkesan seperti hotel melati. “Dengan berbagai fasilitas, seperti halnya taman, pengolahan dan pemilihan sampah, fasilitas air bersih, diharapkan para penghuninya akan lebih betah dan nyaman saat menempati. Rusunawa ini akan dibuat berbeda dengan rusunawa yang sudah ada sebelumnya,” terangnya.

Dalam satu twin blok, lanjut Ade, akan dibangun diatas lahan seluas 4000 meter persegi, berlantai 5, dan diperkirakan akan menampung kurang lebih 55 kepala keluarga atau kurang lebih warga sebanyak satu RW . “Untuk sewa rusunawa, warga akan dikenakan uang sewa setiap bulannya kurang lebih Rp 100 ribu. Angka ini berdasarkan survei sewa rusunawa di daerah lain, dan saya kira itu tidak akan terlalu memberatkan warga,” sambungnya.

Selain itu, Pemkot Malang juga mendapat bantuan dari pemerintah pusat melalu menteri perumahan rakyat untuk membangun rusun bagi beberapa kalangan tertentu, yaitu bagi pasukan kuning dan petugas pemadam kebakaran di jalan Bingkil, untuk kalangan pelajar di daerah Tlogowaru kecamatan Kedungkandang, untuk mantan atlit dan para atlit di daerah Gor Ken Arok Kedungkandang, untuk mahasiswa di daerah Universitas Kanjuruhan dan ITN Malang, di daerah SMAN 10 Sawojajar, dan rusun Kodam. (say/dmb)

Tentang Achmad Syaiful Afandi

Achmad Syaiful Afandi
Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>