Senin, 22 September 2014
Update Info
Beranda / Artikel / Usaha Sandal Jepit Ukir Pak Sigit Laris Pesanan

Usaha Sandal Jepit Ukir Pak Sigit Laris Pesanan

Kedungkandang, MC - Usaha sandal ukir yang digeluti pak Sigit dari Kelurahan Sawojajar ini, mungkin sedikit orang yang bisa membuatnya. Disamping membutuhkan ketelatenan, usaha ini juga membutuhkan keahlian dalam seni lukis yang bisa dituangkan ke media berupa sandal spon, Rabu (7 /3 ).

Pak Sigit pengusaha sandal ukir saat menggambar sandal pesanan pembeli

Usaha yang mulai dirintis sejak 3 tahun lalu bermula saat Pak Sigit menganggur dan tidak mempunyai pekerjaan tetap. Sudah berapa kali melamar kerja, tapi hasilnya nihil. Bingung mencari penghasilan buat menghidupi istri dan di sela-sela merawat kedua anaknya, keluarlah ide dengan coba-coba membuat sandal yang beda dengan sandal pada umumnya dan kebanyakan home industry dengan memakai mesin modern.

Dengan peralatan yang sederhana dan sedikit keahlian dalam menggambar, dicobalah membuat desain serta motif yang berbeda, alhasil sandal ini sudah anggun dan mulai tampak cantik dengan motif bunga-bunganya. Melihat hasil karyanya sangat mendapat respon positif dari teman serta para tetangganya, Pak Sigit bertambah semangat dengan membuat gambar lebih menarik lagi, di samping gambar hewan juga membuat gambar tokoh kartun yang banyak disukai anak-anak saat ini.

“Saat awal membuat motif, hanya gambar bunga mawar yang saya buat dan itupun langsung dibeli oleh tetangga dan ada juga yang memesan dengan motif lain. Di samping itu saya juga meminta bantuan dari teman-teman Telecenter Daragati untuk mencarikan motif yang sesuai dengan kebutuhan pesanan para pembeli.Tidak hanya memberikan motif, teman-teman dari telecenter juga membantu pemasaran melalui pameran juga melalui situs telecenter,” kata pak Sigit.

Sedikit demi sedikit pembeli dan pesanan mulai mengalir. Pemesan tidak hanya pedagang dari dalam kota, luar kota juga banyak yang menginginkan sandal ini untuk dijual kembali. Dalam satu minggu Pak Sigit hanya mampu membuat sebanyak 60 buah pasang sandal yang siap diantarkan ke para pemesan. Keterbatasan waktu juga tenaga yang membuat produksi ini tidak bisa melampaui target pemesanan.

”Keahlian dan ketelatenan dalam menggambar sangat diperlukan dalam pembuatan sandal ini. Sudah saya coba dengan mencari tenaga yang bisa membantu menggambar, tetapi hasilnya tidak sesuai dengan harapan saya. Terpaksa semua saya lakukan sendiri di sela-sela merawat anak dan mencari orang yang bisa diharapkan untuk bisa membantu usaha saya ini,” ucapnya.

Sandal buatan Pak Sigit saat ini dijual berkisar antara 25 ribu rupiah,dan pesanan motif hingga 40 ribu rupiah tergantung tingkat kerumitan serta kesulitannya, tidak hanya dijual di Pasar Minggu pagi Kota Malang, tetapi juga luar kota bahkan pernah di jual di Pekan Raya Jakarta dan hasilnya laris manis terjual habis.

Dari usaha yang digeluti saat ini, Pak Sigit sudah bisa memberikan yang terbaik bagi keluarganya juga dapat menjalankan perekonomian sehari-hari dengan hanya mengandalkan keahlian dan hasil karyanya sebagai pelukis, serta mendapat penghasilan juga dari sandal jepit. (her/dmb)

Tentang Herman Armand (Telecenter)

7 komentar

  1. maaf pak admin…bisa minta alamat bapak sigit tidak??
    hub di nmr 087759754881 (tlp/sms)

  2. aslamualaikum pak…saya kagum dengan karya” bpak..saya juga perna bikin sandal ukir,,tapi belum juga tembus karya” saya…mnta saran_y dong pak….mkasih..wasalam.

  3. Selamat ya pak Sigit……. dengan keberhasilan sandal ukir bakarnya !
    Mungkin harus lebih ditingkatkan promosinya dan tambahan tenaga kerjanya sehingga produksi dan pemasarannya lebih meluas.
    Saya dapat oleh-oleh sandal ukir Pak Sigit dari Malang, memang bagus, ringan dan enak di pakai, saya menginginkannya kembali, tapi bagaimana menghubungi Bapak ?

  4. Jual Tas Tempat Sepatu, Tas Tempat Sepatu Olah Raga, Tas Tempat Sepatu Murah 031-79593965 Kami merupakan distributor Tas untuk Sepatu Resmi dan Sport. Kami menyediakan stock ready
    Kami melayani Agen Tas Penyimpanan Sepatu Olehraga

    . nanda2shop[dot]com adalah toko online yang melayani pembelian Tas Tempat Sepatu di seluruh wilayah indonesia dengan harga grosir dan eceran termurah.

    Tas tempat sepatu dibuat untuk memberikan seseorang dapat membawa sepatu secara praktis dan mudah. Tas tersebut tidak hanya digunakan untuk membawa sepatu sport dan resmi tetapi juga sandal anda.

    Adalah tugas kami untuk memberikan pelayanan terbaik demi memberikan kepuasan kepada semua konsumen kami sampai saat ini.
    Kepuasan Anda adalah jaminan. Begitulah motto kami. Dengan dukungan tenaga terampil, terkoordinasi dalam sistem kerja profesional dengan kendali mutu yang ketat.
    Kami berkomitmen untuk terus menjaga pelayanan kami.

    Berminat membeli produk kami silahkan kontak kami .

    Alamat Rumah kami :

    Masangan Wetan RT 04/RW 01 Sukodono – Sidoarjo – Jatim

    Telp. 031-79593965

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>