Selasa, 2 September 2014
Update Info
Beranda / Artikel / Klobot Jagung, Mudah Disulap Jadi Hiasan Menarik

Klobot Jagung, Mudah Disulap Jadi Hiasan Menarik

Klojen, MC - Klobot jagung yang biasanya dibuang percuma ataupun hanya menjadi makanan ternak, ternyata bisa memiliki nilai jual tinggi jika dikelola dengan baik. Begitu salah satu yang bisa tertangkap dalam pelatihan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Malang, kepada ibu-ibu pekerja pabrik rokok, di Hotel Sahid Montana, Senin (9/4).

Peserta mengikuti praktik pembuatan bunga dengan serius

Kehadiran pemateri dari Garuda Jaya Florist yang begitu piawai memberikan pelatihan pemanfaatn klobot jagung menjadi bunga kering, membuat itu-ibu peserta pelatihan nampak begitu bersemangat. Maka tidak heran sehari saja dialtih, ibu-ibu sudah mampu membuat berbagai kreasi bunga cantik memanfaatkan klobot jagung.

Pemateri pelatihan, Nanik Sriwahyuningsih mengungkapkan sengaja memberikan materi pelatihan membuat bunga dari klobot jagung sebab bahan-bahannya melimpah dan mudah dikreasi. Dengan sentuhan sedikit saja, bunga dari klobot jagung bisa dijual dengan harga yang tinggi.

“Dengan memanfaatkan klobot jagung yang selama ini sering dituding sebagai limbah,, kami berharap bisa ikut serta dalam pelestarian lingkungan,” jelas Nanik, Senin (9/4).

Pembutan bunga dari klobot jagung, bisa mencontoh bunga asli yang ada di sekitar masyarakat. Melalui kreativitas, ketekunan, kesungguhan dan inovasi terus menerus. Nanik menyebutkan klobot jagung dapat digunakan menjadi bermacam-macam kreasi bunga dan kerajinan etnic lainnya.

“Tidak hanya laku di Indonesia, kerajinan dari klobot Jagung yang kami buat juga sudah di ekspor ke berbagai Negara diantarnnya Thailand,’ kata Nanik.
Mudahnya klobot jagung di kreasi dengan bukti sehari saja menjalani pelatihan ibu-ibu di Kota Malang sudah bisa membuat berbagai kreasi menarik. Nanik yakin, jika ada kemauan ibu-ibu di Kota Malang bisa menjadi pengusaha yang sukses dari memuat kreasi klobot jagung.

Jika masyarakat Kota Malang ingin belajar sampai mahir kerajinan klobot jagung, Nanik menyebutkan masyarakat bisa datang ke showroom Garuda Jaya Florist di Jl Dirgantara II C no 29 setiap Sabtu. Di tempat ini, Nanik menyebutkan masyarakat bisa mendapat pelatihan gratis sampai mahir. (cah/dmb)

Tentang Cahyo Nugroho

Cahyo Nugroho
Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Satu komentar

  1. Saya sangat tertarik dengan kerajinan ini, saya berdomisili di sawojajar malang. Saya ingin sekali belajar membuatnya. apakah lokasi yg di maksud ada di perum dirgantara sawojajar ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>