Kamis, 17 April 2014
Update Info
Beranda / Berita / Kota Malang Resmi Miliki Pusat Layanan Autis Jatim

Kota Malang Resmi Miliki Pusat Layanan Autis Jatim

Kedungkandang, MC - Setelah sekian lama dipersiapkan dengan matang, akhirnya Pusat Layanan Autis Kota Malang yang berada di Kawasan Pendidikan Internasional Tlogowaru diresmikan Jumat (1/6). Peresmian dilaksanakan langsung oleh Sekretaris Kota Malang, DR. H. Shofwan, SH, M.Si.

Sekretaris Daerah Kota Malang DR. H. Shofwan, SH, M.Si meresmikan pusat layanan autis

Dalam sambutannya Shofwan berharap Pusat Layanan Autis tersebut akan semakin memberikan pelayanan yang maksimal terhadap anak-anak autis. “Ini adalah satu-satunya Pusat Layanan Autis yang berada di Jawa Timur, kami berharap bukan hanya anak-anak autis se-Kota Malang, namun se-Jawa Timur akan terlayani dengan baik di sini,” ungkap Shofwan.

Ia menambahkan Pusat Layanan Autis ini didirikan di atas tanah seluas 6.000 meter persegi dengan fasilitas yang cukup lengkap. Yakni terdiri dari puluhan ruang pembelajaran dan terapis. Diantaranya ruang terapis wicara, autis klinik dan pendidikan.

Sementara itu salah satu penanggung jawab, Kunti Nursanti menyebut Pusat Layanan Autis tersebut merupakan salah satu pusat layanan yang pertama kali berhasil didirikan di Indonesia. Sebab empat kota lainnya (Padang,Makasar, Mataram,Bandung) yang ditunjuk oleh Direktorat Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI belum selesai penggarapannya.

“Karena itulah Pusat Layanan Autis ini bakal menjadi percontohan di Indonesia yang akan menjadi rujukan dan studi banding lembaga lainnya,” ungkap Kunti.
Pusat Layanan Autis tersebut nantinya akan melayani anak-anak autis mulai usia dua tahun hingga dua belas tahun. Untuk mendukung keberhasilannya , kecuali fasilitas yang lengkap juga dilengkapi dengan 15 pengajar yang andal.

“15 pengajar ini kami seleksi dari sekolah-sekolah negeri yang memiliki layanan autis yang tersebar di Kota Malang. Mereka sudah berpengalaman dan telah kami dukung dengan berbagai pelatihan,” terang Kunti. (cah/dmb)

QR Code - Take this post Mobile!
Gunakan kode QR (Quick Response) yang unik dengan perangkat pintar Anda. Kode akan menyimpan url dari halaman web ini ke perangkat mobile dan untuk berbagi penyimpanan.

Tentang Cahyo Nugroho

Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>