Selasa, 21 Oktober 2014
Update Info
Beranda / Berita / Setelah Diklatpim, PNS Eselon III Harus Tampil Beda

Setelah Diklatpim, PNS Eselon III Harus Tampil Beda

Singosari, MC - Sebagaimana dketahui, pada 30 April – 16 Juni 2012 Badan Diklat Provinsi Jatim menggelar Diklat Kepemimpinan Tingkat III di Hotel Antariksa, Jalan Perusahaan 53 Raya Tunjungtirto, Singosari – Kabupaten Malang. Diklat ini diikuti oleh 40 PNS eselon III yang berasal dari Kota Malang sebanyak 30 PNS, dari Kabupaten Lumajang 6 PNS dan dari Kabupaten Ponorogo 4 PNS.

Kabid Pengendalian dan Evaluasi Badan Diklat Provinsi Jatim, Totok Hadi Pranoto memberikan ucapan selamat kepada peserta diklat

Dengan diadakannya diklat ini, diharapkan nantinya dapat meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan eselon III secara kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil (PNS) sesuai dengan kebutuhan instansinya. Selain itu, yang terpenting adalah agar para PNS tersebut setelah diklat ini nantinya setelah diklat ini bisa tampil beda dalam kinerjanya.

Demikian yang disampaikan oleh Kabid Pengendalian dan Evaluasi Badan Diklat Provinsi Jatim, Totok Hadi Pranoto yang juga mengutip atau menyampaikan pesan dari kepala/pimpinannya, Syaiful Rahman pada penutupan diklatpim tingkat III angkatan 202 di hotel Antariksa, Jum’at (15/06/2012). Totok menambahkan, yang dimaksud berbeda disini adalah dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh, sehingga bisa memberikan kontribusi positif terhadap instasi dimana mereka bekerja.

Untuk merealisasikan semua itu, kata dia, memang tidak mudah, karena harus memadukan antara teori dengan praktek keseharian dimana para PNS eselon III ini sama dengan midle manager yang selalu berhadapan dengan berbagai hal yang kurang maksimal, seperti halnya sarana dan prasarana, maupun anggaran yang kurang memadai. “Semua itu merupakan suatu tantangan tersendiri bagi PNS eselon III, dan dengan komitmen yang kuat, mereka harus bisa mengaxxtasi berbagai permasalahan seperti apapun di instasi tempat mereka bekerja,” sambungnya.

Totok menambahkan, bahwa beberapa aspek penting yang perlu dikembangkan oleh para PNS tersebut di unit kerja mereka diantaranya adalah mengedepankan kerjasama, memberikan kesempatan kepada bawahan untuk beraktualisasi dengan mengembangkan potensinya, serta bagaimana mengubah kultur kerja dan juga memberikan motivasi positif. “Kami mengucapkan selamat dan bangga atas prestasi atau hasil evaluasi peserta diklat, dimana nilai minimalnya bisa mencapai baik sekali,” imbuhnya.

Adapun evaluasi bagi peserta diklat, yang pertama yaitu sikap dan perilaku sebesar 45 persen, disiplin 10 persen, kepemimpinan 15 persen, kerjasama 10 persen dan prakarsa 10 persen. Yang kedua adalah penguasaan materi 55 persen, hasil ujian akhir 20 persen, seminar Kertas Kerja Perorangan (KKP) 15 persen, seminar Kertas Kerja Kelompok (KKK) 10 persen dan observasi lapangan 10 persen. (say/dmb)

Tentang Achmad Syaiful Afandi

Achmad Syaiful Afandi
Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>