Kamis, 17 April 2014
Update Info
Beranda / Serba Serbi / Ceramah di Istana Negara, Ajak Umat Pahami Al-Qur’an Secara Komprehensif

Ceramah di Istana Negara, Ajak Umat Pahami Al-Qur’an Secara Komprehensif

Klojen, MC - Nuzulul Qur’an menjadi momen yang paling dinanti oleh umat Islam di bulan Ramadhan ini. Begitupun Istana Negara RI tak melewatkan momen ini dengan mendatangkan Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Prof. Imam Suprayogo pada Selasa (7/8). Dalam undangan yang dilayangkan dari Istana Negara, Imam didapuk menyampaikan ceramah bertema “Al-Quran Membangun Peradaban Unggul”.

Rektor UIN Maliki, Prof. Imam Suprayogo

Ditemui Senin (6/8), Imam menyampaikan bahwa sebenarnya, jika Al-Qur’an dipahami secara komprehensif, maka umat Islam akan memiliki bekal. Yang selama ini terjadi, Al-Quran belum dipahami secara komprehensif. Hal ini salah satunya tercermin pada pembelajaran yang hanya menyampaikan pembelajaran ritual dan yakni bermuatan fiqih, tasawuf, bahasa Arab dan lainnya.

“Sehingga yang terjadi, umat hanya memperdebatkan ritual yang justru mendatangkan musibah,” ucap Imam.

Padahal, imbuhnya jika dipahami secara komprehensif, maka setidaknya ada lima misi besar yang ada di dalam Al-Quran. Pertama, adalah agar umat Muhammad kaya ilmu. Ini tercermin dari ayat yang pertama kali turun yakni Iqra’ yang artinya bacalah, dimana bermakna membaca perubahan jaman. Kedua, Al-Qur’an untuk membangun manusia unggul yang setidaknya ditandai dengan empat ciri, yakni mengenal diri sendiri sebagai bekal mengenal Tuhannya, bisa dipercaya, mensucikan diri, dan selalu berpikir dan berbuat di luar batas dirinya sendiri sehingga bisa bermanfaat untuk orang lain.

Ketiga, visi Al-Quran adalah sebagai pencipta keadilan dan baru keempat adalah visi ritual untuk memperkokoh spiritual. “Yang terjadi justru kebalikannya, ritual seringkali mendominasi dan sering menjadi pemicu keributan, semisal masalah waktu puasa. Padahal, seharusnya untuk memperkokoh spiritual seharusnya ritual tak perlu diperdebatkan namun langsung diimplementasikan,” imbuh Imam.

Dan yang kelima adalah bahwa Al-Qur’an mengajarkan setiap umatnya untuk melakukan amal shaleh. Imam berharap apa yang disampaikan di hadapan seluruh menteri dan jajaran pejabat kenegaraan lainnya ini akan bisa meningkatkan rasa cinta dan pemahaman umat kepada Al-qur’an sehingga bisa membuat peradaban semakin unggul. (cah/dmb)

QR Code - Take this post Mobile!
Gunakan kode QR (Quick Response) yang unik dengan perangkat pintar Anda. Kode akan menyimpan url dari halaman web ini ke perangkat mobile dan untuk berbagi penyimpanan.

Tentang Cahyo Nugroho

Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>