Beranda / Berita / Segarnya Bertanam Sayur

Segarnya Bertanam Sayur

Sukun, MC –¬†Memanfaatkan lahan yang ada di sekitar rumah Sugeng Mursish warga Rt 14/Rw 12 mampu menanam berbagai sayuran dengan nilai ekonomis tinggi. Tomat, kucai, sawi, terong, gambas, bengkuang mampu dihasilkan secara baik.

Bu Sugeng memamerkan buah tomat dan buah terong produksinya

Sugeng mengungkapkan sejak Mei 2012 menerapkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (RPL) di Rt yang dipimpin. Baru dua bulan setengah berjalan ternyata dampaknya luar biasa bagus, tidak hanya lingkungan sekitar lebih hijau, ternyata menanam jika diseriusi juga mampu memberi nilai tambah ekonomi.

‘Tomat per pohon kami jual Rp 12.500, terong Rp 12.000, Gambas Rp 20.000. Meski cukup mahal tanaman kami laris terjual karena semuanya menggunakan cara bertani dengan pupuk organik,” jelas Sugeng, Jumat (3/8).

Sugeng menambahkan bukan hanya bisa mendapatkan sayuran yang sehat dan sekaligus bisa menjual. Bertanam sayur organik juga semakin membuat akrab dengan tetangga sekitar.

“Karena melihat keuntungan yang banyak dari bertanam sayur organik warga RT kami saat ini sudah kami bagi-bagikan polibag untuk menanam. Harapannya satu RT dahulu kami ingin hijaukan tidak hanya di rumah saya,” ujar Sugeng.

Bertani secara organik dikatakan Sugeng sangat mudah caranya. Cukup pupuk bokasi dicampur dengan tanah dan sekam dengan perbandingan 1:1:1 sudah bisa langsung ditanami.

Dari pengalaman menanam sejak Mei lalu Sugeng mengaku belum pernah sekalipun menyemprot tanaman. Pertumbuhan tanaman yang sehat sehat meski hanya dipupuk dengan pupuk bokasi, membuat tak perlu lagi digunakan penyemprotan ataupun pemupukan dengan bahan kimia.

“Senang rasanya bisa bertani secara organik, bukan hanya harga jualnya yang bagus. Bertani secara organik juga membuat badan lebih sehat dan pikiran lebih segar,” pungkasnya. (cah/dmb)

Tentang Cahyo Nugroho

Cahyo Nugroho
Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Lihat Juga

Ketum KONI Kabupaten Malang, Ismaryono menyerahkan hadiah kepada pemenang, Sabtu (29/8)

Wartawan Malang Raya Turut Meriahkan HUT Ke-70 RI

Singosari, MC – Sebanyak 51 wartawan dari berbagai media di Malang Raya turut memeriahkan Hari ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *