Beranda > Serba Serbi > Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia

Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia

Klojen, MC - Menyambut HUT ke-51 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Malang melakukan upacara peringatan di Balai Kota Malang. Wali Kota Malang Drs. Peni Suparto M.AP turun langsung sebagai pembina upacara, Jumat (31/8).

Peserta HUT ke-51 Pramuka saat melakukan aksi

Peni mengungkapkan, bersyukur atas masih bisa terselenggarannya kegiatan ini di Indonesia, sebab jika merunut sejarah kepanduan di Indonesia sudah mencapai 100 tahun. Gerakan kepanduan pertama di Indonesia sudah ada sejak 1912, namun untuk pramuka saat ini mencapai angka ke-51.

“Dalam kurun waktu enam tahun terakhir, revitalisasi pramuka sudah sangat banyak mengalami kemajuan, pramuka semakin meningkatkan kecakapan hidup sesuai dengan perkembangan zaman,” jelas Peni, Jumat (31/8).

Pramuka sudah masuk dalam pendidikan non formal dalam sistem pendidikan nasional. Karena itu peran pramuka ke depan akan semakin penting. Terutama untuk pembentukan karakter bangsa yang baik, mulai karakter yang patriotik, berakhlak mulia, taat hukum, dan sebagainya.

Adanya peran pramuka yang semakin mandiri diharapkan ke depan bisa membuat Indonesia semakin menjadi lebih baik. Karena itu, melalui wadah yang ada di Kota Malang khususnya, peran pramuka untuk mencerdaskan bangsa harus semakin ditunjukkan untuk memajukan kualitas bangsa ini.

Banyaknya kemerosotan generasi muda, korupsi yang merajalela, kekerasan, dan kejahatan yang terjadi di masyarakat menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi. Melalui ajang pembinaan dalam pramuka, diharapkan bisa semakin kuat mampu memerangi hal-hal negatif itu.

“Saya bangga adik-adik memilih gerakan pramuka, sebab sekolah formal saja tidak cukup untuk belajar tentang etika,” tegas Peni. “Dengan mengikuti gerakan dalam wadah pramuka, kiranya ke depan bisa bersama-sama bisa memperbaiki masa depan bangsa. Jayalah pramuka, jayalah Indonesia.”

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Malang juga menyerahkan penghargaan kepada 42 pramuka berprestasi. Dalam upacara penghargaan itu, diberikan secara langsung, sehingga bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi pramuka di Kota Malang. (cah/dmb)

Tentang Cahyo Nugroho

Cahyo Nugroho
Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Lihat Juga

Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Dewi Farida Suryani (berjilbab) usai menikmati makanan warung yang ada di pinggir jalan, Rabu (04/03)

Istri Wali Kota Malang Ternyata Lebih Suka Makan Di Warung Pinggir Jalan

Klojen, MC - Di sebuah pertigaan Jl. Gajah Mada Kota Malang ada sebuah warung di ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>