Beranda / Artikel / Nikmatnya Bisnis Cacing

Nikmatnya Bisnis Cacing

Sukun, MC – Sempat jatuh bangun dalam berbisnis, tidak membuat Adam Azis kapok menekuni dunia usaha budidaya cacing. Setelah satu setengah tahun menggeluti, anggota Kelompok Tani Sri Mulyo Kecamatan Sukun ini mulai merasakan sukses.

Azis menunjukan cacing yang dipelihara

Dari sebanyak enam kotak cacing yang dikelolanya, seminggu tidak kurang dari 50-60 Kg cacing dihasilkan. Ini masih ditambah penghasilan dari pupuk bekas cacing yang terus meningkat dari hari ke hari.

Azis mengatakan selama ini permintaan pasar terhadap cacing sangat tinggi, mulai dari pengusaha kolam pancing, Dinas Perikanan hingga perusahaan obat. Dari permintaan 2 kuintal, seminggu hanya disanggupi seperempatnya saja, padahal harganya cukup lumayan. Satu kilogram cacing Rp 50.000.

“Selama ini untuk pasar cacing bagus, belum sampai saya menjualnya keluar, pembeli sudah berbondong-bondong sendiri ke tempat kami,” jelas Azis, senin (3/9).

Mengenai pakan cacing sendiri Aziz mengaku selam ini tidak pernah repot, sebab nasi bekas, pupuk kandang, kotoran kelinci, sampah dapur organik semua bisa dilahap cacing dengan baik. Karena itu seandainya di Kota Malang bisa lebih banyak lagi pengusaha cacing, tentu bisa mengurangi sampah-sampah di Kota Malang yang saat ini menjadi problem tersendiri.

Dengan prospek pasar yang masih sangat bagus, Azis menyebutkan, saat ini terus berusaha meningkatkan kapasitas produksi. Dia berharap, suatu saat bisa memenuhi permintaan sebanyak 2 kwintal per minggu.

“Dua kuintal per minggu. Itu baru dari beberapa pemesan, saya yakin pesanan akan semakin banyak melihat saat ini di Kota Malang masih langka yang menekuni bisnis cacing,” tegas Azis.

Terkait pemeliharaan cacing sendiri Aziz mengaku tidak rumit, cukup diberi makan cukup dan kelembapan tempat pemeliharaan dijaga sesuai suhu kamar. Cacing akan cepat besar dan berkembang biak. Penyiraman bisa dilakukan sore hari saja, atau pagi-sore tergantung cuaca, penyiraman bisa menggunakan air sumur, air PDAM ataupun air sungai, asalkan tidak tercemar.

Petugas kesehatan dari Puskesmas janti, Siti Muhimatul mengakui, Azis sangat kreatif dalam membangun sebuah usaha. Selain ternak cacing dia juga memadukannya dengan budidaya ketela cilembu, beternak lele, budidaya tomat, budidaya terong sehingga bisa semakin banyak yang dipanen.

“Produk yang dikeluarkan dari usaha Azis juga organik, sehingga kami senang membeli produk-produk yang dihasilkan karena bebas dari pencemaran bahan kimia,” terang Siti. (cah/dmb)

Tentang Cahyo Nugroho

Cahyo Nugroho
Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Lihat Juga

Wali Kota Malang H. Moch. Anton memberikan sambutan dalam Safari Ramadan di Masjid Baiturrohmah, Senin (29/6)

Safari Ramadan, Wali Kota Malang Kunjungi Masjid Baiturrohmah

Blimbing, MC – Dipimpin langsung oleh Wali Kota Malang H. Moch. Anton, jajaran Pemerintah Kota ...

85 Komentar

  1. mas azis dulu pas saya beli bibit cacing ke anda, anda bilang mau menampung hasil panenanx. kenapa saya tanya harganya berapa kok gak di jawab? di sms gak di balas, di telepon gak dia angkat
    klo uda gak nampung lg ya setidaknya di balas smsnya dan minta maaf karena tidak bisa nampung cacing seperti yang anda janjikan

    • di daerah saya kunjang kab-kediri lebih dari 7 petani cacing lr yang bernasib sama dengan anda… akhirnya kami bergabung dalam paguyuban cacing lr untuk memasarkan bersama hasilnya… semoga tidak terjadi hal seperti ini lagi… buat soudara azis mbok jangan ngadain pelatihan terus… anggota yang bergabung ini harus diperhatikan bener,, sy jg capek sms, telpon tapi gak ada tanggapan…

    • kalau Budidaya Ternak Lele bagi Pemula gimana ya?

      • Anda bisa kunjungi lokasi percontohan Budidaya Lele kami di Perak, Jombang.
        Total ada 58 kolam lele, sejauh ini tingkat kematian tidak lebih dari 1% dan masa panen di kisaran 10 minggu. Kami menggunakan racikan jamu dan probiotik.

        Kalau berminat bisa hubungi saya di 0822.3394.3199 atau PIN BB 57aadeb0

        FREE tidak ada biaya apapun, hanya sekedar sharing untuk kemajuan Budidaya Ikan & Udang.

  2. demi lingkungan hidup cacing paling berjasa

  3. PAk Admin, bisakah saya minta alamat lengkap dari pak Adam Azis ?
    Terima kasih

  4. Saya juga baru mulai ternak cacing. jangan tergiur harga fantastis 50000 per kg, itu nggak masuk akal. wong budidayanya mudah, pakan murah, berkembang biak sendiri dan banyak.saya kira harga yang pantas 5000-10000 per kg, nah itu baru feasible. untung sedikit tapi volume banyak, yang mau pakai juga banyak. ikan bebek ayam dsb.

  5. kalaulah siklus simbiasis makanan dan sampah bisa jadi uang alangkah lebih baik membidik usaha sediri tanpa repot cari lowongan pekerjaan banyak pluang menantang dengan modal ringan tapi itulah kepuasan hanya di pandang sebelah mata

  6. Sy baru mau terjun dibudidaya ikan belut,saran dr bbrp suhu/jg referensi lewat internet bahwa pakan utama belut adalah cacing.untuk bibit belut 1kg(100 ekor) untuk pembesaran selama 3 bulan untuk mencapai berat jadi 10kg aja membutuhkan pakan sebanyak sekitar 25kg.jk harga cacing per kg 50.000×25=2.500.000.
    jk harga belut 1kg dihitung sekitar 40rbx10=400.000
    nombok nya kegedean.apalagi buat jenis ikan yg harganya lebih murah.
    benar2 gak masuk akal!
    mending ternak cacing dong.

  7. Yang terhormat Admin tolong jk membuat berita/info dicek dulu kebenarannya jangan sampai menyesatkan.

    • Informasi yg diperoleh reporter kami bersumber dari wawancara dengan narasumber. Jika Anda merasa hal tersebut tidak benar/tidak masuk akal, silahkan Anda menghubungi narasumber (Sdr. Adam Azis, kontak tersedia di bagian atas komentar ini) untuk berbagi pengalaman dalam bisnis ini.
      Terima kasih atas kritik dan saran Anda

    • saya sudah datang, menjadi anggota, mulai budidaya cacing, menghasilkan, panen, di beli pak adam, dan itu benar….

      • terus gimana nasib kita2 yang selalu sms dan telpon gak perna ditanggapi…gak sedikit kok yang kayak gitu..

      • Alamat Abd. Azis Adam M
        http://rumahcacing.blogspot.com/2011/12/perkenalan-diri.html

        Perkenalan Diri

        Bismillahirrahmaanirrahim,
        Assalamu’alaikum Wr.Wb
        Sahabat, kita kenalan dulu ya..!!
        Namaku Abd. Azis Adam M
        Panggilan Adam
        Umur 35 thn
        Alamat Jl. S. Supriyadi 9A/42,RT 07 – RW 04, Sukun – Malang
        Telp/Hp 0341-5366267/ 085755699111/ 087759728940
        Pekerjaan Budidaya Terpadu/ Integrated Farming,(Jamur – Cacing –
        Perikanan lele & Sidat – Pupuk Organik- Kebun Organik –
        Pembibitan)
        Hoby Pecinta Alam
        Pengalaman kerja : PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia (Juli 2000 – April 2009, QA Dept)
        (Sepertinya gak ada yang nyambung dengan duniaku yang baru, dunia sahabatku CACING)
        Data-data yang lain, contact by person ya………

        Insyaalloh via media ini, secara berkelanjutan saya akan sharing/diskusi/berbagi pengalaman dengan sahabat sekalian tentang dunia sahabat ku yang hebat – CACING, moga-moga kelak bisa bermanfaat khususnya sahabat-sahabat yang tertarik dengan dunia yang sama : DUNIA PERCACINGAN, he..he…

  8. apa yang ditulis admin itu emang bener… saya sudah melihat sendiri, dan berternak sendiri. kalo g ngerti mending jangan asal komentar, kan kasian admin kalo dihujat kayak gitu. berfikir dulu lah Pak sebelum komentar itu. harga cacing memang 50000/kg.. kenapa mahal? karena cacing ini kebanyakan dicari untk dibuat bahan kosmetik dan obat….

    MIKIR….

  9. Alasan mengapa bisnis cacing sangat menggiurkan…

    – Ternak cacing tidak membutuhkan tempat yang luas
    – Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membuat media / lingkungan cacing
    – Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli makanan cacing
    – Pemeliharaan sangat mudah, tidak memerlukan pemantauan dan perawatan secara rutin
    – Resiko kematian dan terkena penyakit sangat kecil
    – Proses perkembangbiakan 10 kali lebih cepat dibanding ternak binatang lainnya
    – Tidak mengalami penyusutan meskipun konsumsi makanan berkurang
    – Pangsa pasar sangat luas, seperti kolam pemancingan, Peternak burung, pabrik farmasi, Pabrik kosmetik, Perusahaan herbal, dinas perikanan, dll
    – Selama proses produksi tidak mengganggu masyarakat sekitar, malah berperan aktif melestarikan lingkungan
    – Dan yang lebih penting lagi adalah ” cacing merupakan binatang yang menjijikkan, dan tidak semua orang mau memegangnya apalagi menternakkannya” itu artinya persaingan bisnis cacing ini sangat kecil dibanting peluang bisnis yang lain

    Oia sekalian promo dech… bagi agan agan yang minat dengan bisnis ini dan ingin beli bibit bisa pesan melalui email bos saya : sumberartateknologi@gmail.com atau silahkan kunjungi websitenya di http://www.sumber-arta.com

  10. Emang segitu harga pasaran cacing (50rb/kg), klo erry blm survey mhn survey dulu.. biar g langsung memfonis berita gak bener.. Ada juga pabrik yang siap menampung cacing jenis itu utk produk kecantikan, malahan harga per/kg dihargai (70rb/kg) dg catatan, bisa memenuhi permintaan 2ton/bulan. semoga dapat menambah wawasan n pengetahuan bagi yg belum mengetahui sama sekali ttg bisnis cacing ini.

  11. di mana kami bisa jual cacing kami mohon info nya dan trimakasih sebelum nya…..

    • Saya terima cacing bila bapak atau ibu kesulitan penjualannya,bisa hub saya di no 0878 8539 9390

      • yosisukma@yahoo.co.id

        BLITAR ; 11 JUNI 2015.UNTUK CACING SY HANYA MENJUAL dan untuk mendapatkan bibit atau cacing dari 085231649000 tidak harus menjadi anggota jadi BEBAS siapa saja boleh BELI. BELI 1 ONS BOLEH. BELI 1 KILO JUGA BOLEH.untuk harga cacing cukup 25 Ribu saja .

  12. mas, minta info list yang mau menerima cacing dalam skala besar
    makasih

  13. Mintak info.Bagaimana caranya untuk pemula atau untuk mengawali seperti saya ini,saya ingin bantuan bapak/ ibuk sekalian daerah malang sekitarnya membantu dari pencarian bibit dan cara2 penempatan budi daya sampai penjualan atau pemasaran,sebelmnya trimakasi atas bantuanya.

  14. saya produsen cocopeat,dan bisa mensupply anda yg membutuhkan cocopeat sebagai media tanam, apabila ada yg membutuhkan bissa contact sy lisa di 081-357 834 838/ 085733216717. siap kirim

  15. ya saya ingin cba dlu..

  16. tlg p vico dimana dipasarkan cacing tersebut/pabrik mana biar kami akan bergabung dgn semangat.tks

  17. Info itu benar tp harga beli bpk adam rp.30.000

    • minim brp kg pak frans…dan dimana tempatnya

    • nah itu dia masalahnya. sekarang kita beli bibit 50 rb, jadi anggota dgn biaya trtentu begitu panen cm dihargai 30rb. kalau bisa harga beli dari anggota itu dinaikkan jadi sama2 untung. ga hanya pak adamnya aja yg cm lempar uda laba 20rb, anggota jg perlu difikirkan dung

      • Terima kasih sharing nya ibu Ifa.
        Minggu lalu saya beli buku pak Adam di gramedia seharga 39 rb krn tertarik dgn budidaya cacing tanah dan berencana menghubungi pak Adam minggu depan setelah survey di pasar untuk ketersediaan sayur yg tidak laku sebagai pakan cacing.

        Tolong Admin bisa klarifikasi ke pak Adam apa benar beliau jual 50 rb lalu beli dr anggotanya 30 rb.

        Jika pak Adam jual 50rb/kg lalu beli 30rb/kg yg artinya ada selisih harga utk barang yg sama sebesar 40% (EMPAT PULUH PERSEN) maka sebaiknya admin mempertimbangkan untuk merevisi artikel ini sebab ada kemungkinan mayoritas perdagangan cacing itu hanya antara pak Adam, member lama dan calon member baru. Dikuatirkan saat jumlah permintaan cacing calon member baru lbh sedikit dr hasil panen member lama, hasil panen member lama tidak di beli lagi krn market utamanya adalah calon member baru bukan end user atau pabrik dan akibatnya akan banyak member lama yang mengalami kesulitan menjual cacing nya.

        Jika benar perputaran cacing mayoritas hanya pak Adam, calon member baru dan member lama, skema spt ini lbh mengarah ke money game daripada bisnis dimana member baik lama ataupun baru yng membeli bibit akan menjadi korban saat perputaran cacing berhenti.

        Terima kasih

      • Perusahaan kami bergerak di bidang agro, dan salah satu divisi kami adalah peternakan cacing Lumbricus Rubellus dan Pretima. Hal-hal yang disebutkan di website ini sesuai dengan kenyataan bisnis yang ada. Saat ini kami memiliki peternakan khusus cacing seluas 1,8 ha di daerah Prigen, hasil panen cacing LR kami jual ke rekanan hatchery seharga Rp. 40.000 per kg dengan minimal kontrak 2 ton per bulan. Selain itu kami juga lakukan ekspor dalam bentuk tepung, dengan harga serta keuntungan yang memang bagus.

        Bagi anda, yang ingin berusaha ternak cacing – cari pasar dengan lakukan kanvasing atau penawaran ke pabrik jamu – farmasi – atau eksportir yang ada.

        Bagi anda yang memberi komentar bersifat negatif tentang pembelian bibit seharga Rp.50.000 dan dijual Rp. 30.000 per kg, apakah anda pernah berbisnis peternakan cacing ?? Dalam peternakan cacing, bibit hanya cukup sekali di awal, dan hasil panen berasal dari reproduksi cacing setelah +- 4 bulan. Dalam bisnis, hal ini sangat masuk akal.
        Saya tidak kenal Bpk. Adam secara pribadi, namun beberapa rekan saya (di luar kantor) bergabung dengan kelompok tani beliau – dan mereka mendapatkan penghasilan tambahan bulanan yang cukup bagus. Salam sukses untuk Bpk. Adam.

        Sebagai catatan : KAMI TIDAK MENJUAL BIBIT, dan KAMI TIDAK MEMBELI hasil panen dari masyarakat. Murni peternakan sendiri, dan dijual sendiri.

        Salam sukses

  18. Saya ingin sekali beternak cacing untuk mengurangi sampah organik

    • Bapak M Romli beralamat dimana?Kami ada cacing yang khusus untuk pengurai sampah,yg prosesnya cukup cepat terurai.Namanya cacing peretyma(cacing lebih besar dari lumbricus rubellus dan makannya lebih rakus)bagus untuk pengurai sampah rumah tangga.

      • Di jogja wilayah kami ada beberapa karangtaruna maupun kalurahan membuat bank sampah,cacing peretyma sebagai mesin pengurainya.Keuntungan dari cacing ini,selain mengurangi sampah kota juga menetralkan aroma sampah itu sendiri,dan akan mendapatkan pupuk kascing sebagai hasil tambahan.Selain itu cacing peretyma bisa dipakai untuk pengurai (penetral bau)pada kotoran ayam potong maupun ayam petelur.Berarti ada nilai plus pada peternak ayam yg aroma kotorannya menggangu warga sekitar.Kami bisa mensuplai cacing se jawa.Kapasitas kami saat ini -/+ 500 kg / minggu.

      • pak ruwi, jogja nya mana, kasih nomor kontak nya nggih.

      • Pak Ruwi apakah bisa berikan info lebih lanjut tentang cacing peretyma? saya tertarik dengan jenis cacing ini.
        Mungkin saya bisa minta kontaknya?
        terimakasih

  19. Apa yg di beritakan semua benar.
    Jika menjadi anggota pak adam harga jual 30rb/kg.
    Jika ingin harga lebih, coba cari market sendiri. Ajukan proposal penawaran ke pabrik farmasi/kosmetik.
    Semoga membantu.

  20. Katanya 50/Kg itu d jual kmn?
    d daerah q cma 30/kg

  21. Ijin nyimak,semoga ada yg mau terima cacing saya. Lokasi : kepanjen – Malang

  22. Belut, sy dpt sedikit menjelaskan, krn msh rendah ilmunya, maaf jk salah. Jika kt budidaya cacing dlm kotak, misal media jamur, 5kg. bibit cacing 1/2kg. dlm waktu 1 bln, banyak anak2 cacing yg susah di panen, tp cocok utk mulut belut anakan. bibit cacing dipanen, media utk media budidaya belut yg sdh ada pakannya.. diberikan ke belut. Nah, cacing yg sdh 1 bln td dipanen, pindahkan ke media baru, disuruh kawin di media baru, 1 bln. panen lg pindahkan lg. begitu terus, tentunya jumlah bibit cacing dan belut disinergikan agar kita tdk keluar uang utk pakan belut.

  23. madu, jahe, Dijamin badan Greng, Demam turun, pegal2 dsb, bisa dijual di depan rumah buka lapak jamu. Tentunya jika cacing yg kita budidaya dari limbah Jamur. yg ga jijik

    • sorry kepotong, Jika jual cacing susah, Cacing dgn media jamur, bisa dibuat jamu, Campur tepung cacing, madu jahe, uji coba sj sendiri, Sy sdh uji coba. badan luar biasa, Langsung energic.

      • Pak Wijono saya tertarik dgn jamu cacing racikan anda..kalo blh tau alamatnya dmn..nmr telpon jg boleh pak…pin bb saya 74377878

  24. sy mau ternak cacing,yang jual bibit di daerah banyuwangi sapa yaa?

  25. Saya tertarik ternak cacing. Adakah yg jual bibit di sekitar Tulungagung???? Sama pemasaran terdekat????

  26. tolong saya diajari untuk beternak cacing dan klo bersedia sekalian saya dibantu untuk pemasarannya….lokasi saya di blitar jawa timur…silahkan kontak saya di 085790234883

  27. hati2 dengan tawaran pembelian hasil panen yg menggiurkan. jangan sampai terjebak dengan permainan harga yg tidak wajar…….saya Ale di Bandung sdh bisnis cacing 3 tahun yg lalu. harga bibit normal, harga hasil panen di beli 1000 % dg harga Normal juga. tapi keuntungannya berkelanjutan. yg serius hub di 081320044418.

  28. Slam knal dri sya buat smuanya,,
    Sya ingin mmulai usaha budidaya/ternak cacing ,, mohon bibingan dari sodara/sodari, ntuk almat sya skrg di pejagan kec tanjung,kab brebes,,, hp 085201445575 ,,, trmksih

  29. saya butuh penampung cacing, klaten peternak cacing banyak tapi penampungan kuranng. hub 081353049260

  30. saya dari kediri…..
    mau tanya info tenteng cacing dan bibitnya di kediri 08977441007

  31. salam kenal semua nya..
    saya baru saja memulai budidaya cacing
    bisa.minta tolong info penjual cocopet yang dekat dengan wilayah ponorogo

    makasih

  32. apakah ada yang ternak cacing disumatera barat?
    kalau tidak apakah saya bisa pesan dari agan2 10 kg dengan harga 30 rbu? (dikirim ke padang sumatera barat)…
    mohon infonya gan..

  33. banyak penghobi mancing mencari cacing umpan
    apakah jenis cacing ini bisa digunakan ya?

  34. Lha di Lampung jual bibit 80 ribu, diterima 27.000 gede banget untungnya (66,25 %).

  35. saya hendra di jombang,saya sangat berminat untuk budidaya cacing dan ingin blajar dan terjun langsung,saya ingin bermitra dengan pengusaha cacing di daerah jombang dan skitarnya,karena saya mempunyai lahan yg cukup luas,mohon untuk menghubungi saya di no 085646115234, atau pin BB 7D0EA75A, terimakasih wassallam…

  36. mohon maaf ini kenyataan, saya baru mau mulai bisnis ini, kendala mencari bibit sudah saya alami, dr ditipu samapi bibit yg gak masuk akal harganya bisa 100rb perkilo diluar ongkir,

  37. Saya jual cacing kapasitas 3 kuintal per bulan harga 45rb/kilo . Lokasi pakis malang. 081359092000

  38. yosisukma@yahoo.co.id

    siapa sj yg mau mancari bibit cacing dengan harga 27 Rb . Hub ;085231649000 .BEBAS Siapa saja boleh untuk mendapatkan cacing dengan harga 27 Ribu tidak harus menjadi anggota. beli 1 ons boleh,, beli 1 Kg, juga boleh. JUNI 2015 , BLITAR

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>