Beranda / Berita / Dongeng, Didik Anak Berkarakter

Dongeng, Didik Anak Berkarakter

Klojen-MC – Mendongeng tidak hanya bagus untuk mencetak anak-anak agar lebih berani mengungkapkan keinginannya, lebih dari itu mendongeng ternyata sangat bagus untuk menanamkan pendidikan karakter. Begitu pentingnya mendongeng, pengelola Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang sampai menggelar pelatihan mendongeng, Rabu (5/12).

Bofa saat mendongeng di depan peserta pelatihan dongeng dan bercerita

Tidak tanggung-tanggung pelatihan mendongeng kali ini menghadirkan pendongeng juara nasional Kak Ninit, Ibu Bofa Dewi dan Kak Azis Franklin. Sesuai dengan dunia anak-anak, lantai 3 Perpustakaan sebagai tempat pelatihan juga didesaian seperti negeri dongeng.

Bofa mengungkapkan, untuk meningkatkan minat baca anak-anak agar mau ke perpustakaan, diantaranya dilakukan dengan mendongeng. Kegiatan ini diikuti sebanyak 35 peserta, dari guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), TK, rumah pintar dan masyarakat umum.

“Dengan banyaknya masyarakat yang pintar mendongeng, kami berharap bisa semakin meningkatkan karakter anak-anak agar bisa semakin cerdas untuk memajukan bangsa,” jelas Bofa, Rabu (5/12).

Bofa mengatakan, selain kegiatan mendongeng, banyak sekali kegiatan yang ada di perpustakaan untuk meningkatkan semangat masyarakat untuk gemar membaca. Diantaranya dengan nonton bersama, lagu-lagu, hingga menggelar berbagai lomba.

Dengan meningkatnya minat masyarakat dalam membaca buku, Bofa yakin akan semakin memintarkan sebuah bangsa. Sebab dari buku, banyak sekali bisa digali ilmu. Sehingga baca buku wajib hukumnya untuk bisa menjadi insan yang cerdas, mulia dan selalu berfikir dan bertindak maju.

Peserta dari rumah Pintar Abd Saleh, Rudianto mengaku senang bisa mengikuti pelatihan mendongeng. Sebab, sebagai tentara yang sudah terbiasa dididik tegas, awalnya dia kaget juga mendapat tugas mengajar anak-anak.

Dan ternyata setelah dijalani, dari mendongeng bisa diajarkan begitu banyak hal yang mendidik agar anak-anak bisa berkembang baik. Karena itu saat ada pelatihan mendongeng, ia tak segan-segan mengikuti untuk menambah kepiawaian dalam mendidik anak, khususnya melalui dongeng. (cah/dmb)

Tentang Cahyo Nugroho

Cahyo Nugroho
Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Lihat Juga

Walikota Malang, H Moch Anton (kanan) menerima jaket Banser dari Komandan Satuan koordinator wilayah Banser Jawa Timur, dr Umar Usman, Ahad (24/5)

Gelar Apel Akbar, Banser Siap Perangi Terorisme

Kedungkandang, MC – Akhir-akhir ini, gerakan radikalisme sangat mudah berkembang di suatu daerah, termasuk di Kota ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>