Selasa, 2 September 2014
Update Info
Beranda / Berita / Pemkot Akan Tambah 5 Rusunawa Lagi

Pemkot Akan Tambah 5 Rusunawa Lagi

Klojen, MC - Rusunawa ternyata banyak diminati warga kurang mampu yang ada di Kota Malang. Salah satu buktinya, dari rusunawa (rumah susun sederhana sewa) yang saat ini pembangunannya hampir selesai di kawasan Kecamatan Kedungkandang, ternyata peminatnya melebihi kuota. Dari 196 ruangan/kapling, ada 300 warga yang ingin menempati rusunawa tersebut.

Rusunawa di Kedungkandang terlihat mewah dan hampir selesai

Rusunawa di Kedungkandang terlihat mewah dan hampir selesai

Sehubungan dengan hal tersebut, Pemkot Malang akan menambah lima twin blok lagi di beberapa tempat di Kota Malang. “Dua twin blok akan dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum RI dan akan diperuntukkan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan warga yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas,” jelas Kabid Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPUPPB) Kota Malang, Ade Herwanto, Rabu (06/03).

Sedangkan tiga twin blok yang lain, terang Ade, dari kementerian perumahan rakyat dan akan diperuntukkan bagi pasukan kuning pasukan hijau yang berlokasi di jalan Bingkil, untuk kalangan atlit dan mantan atlit yang akan ditempatkan disekitar GOR Ken Arok, dan untuk siswa dari keluarga tidak mampu yang akan ditempatkan di sekitar SMAN 10 kota Malang,” tambahnya.

Lahan yang dibutuhkan untuk satu twin blok, terang Ade, sekitar 5.000 m2 dan rusunawa yang akan dibangun oleh Kementerian PU sebanyak lima lantai dan 198 ruang/kamar. Yang dari Kementerian Perumahan Rakyat sebanyak tiga lantai dengan 96 ruang/kamar. “Proyek ini akan dimulai sejak tahun ini hingga 2015 mendatang. Besok, pihak Kementerian PU dan Perumahan Rakyat akan datang ke Malang untuk melakukan survey lokasi rusunawa,” ujar Ade.

Saat ditanya tentang sumber anggaran beberapa rencana pembangunan rusunawa tersebut, Ade mengaku berasal dari APBN dan Pemkot Malang hanya sebagai pelaksana dan pengelola bangunan saja. “Dari Kementerian PU, untuk pembangunan setiap twin blok, akan dikucurkan dana sekitar Rp 25 miliar dan dari Kementerian Perumahan Rakyat antara 8-9 miliar. Beberapa lokasi, seperti halnya di Kasin dan Ciptomulyo, kemungkinan besok akan disurvey,” papar Ade.

“Bagi warga Kota Malang yang berminat akan menempati rusunawa ini harus mengajukan kepada Pemkot Malang, dan nantinya akan diseleksi dari semua pengajuan. Beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu penghasilan dalam satu bulan di bawah Rp 2 juta, ada keterangan tidak mempunyai rumah dari RT/RW dan mengisi formulir. Yang perlu diketahui, bahwasanya tanah yang akan digunakan untuk pembangunan rusunawa ini adalah tanah ex bengkok Pemkot Malang,” pungkas Ade. (say/dmb)

Tentang Achmad Syaiful Afandi

Achmad Syaiful Afandi
Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>