Sabtu, 26 Juli 2014
Update Info
Beranda / Berita / Sosial dan Kesra / Optimis Juara Umum MTQ 2013

Optimis Juara Umum MTQ 2013

Klojen, MC - Tahun 2011 lalu, Kota Malang meraih juara umum kedua pada gelaran MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) tingkat Jawa Timur. Pada MTQ XXIV yang diadakan di kabupaten Madiun tersebut, sebenarnya Kota Malang bisa menargetkan bisa meraih juara umum, namun kenyataan di lapangan berbeda. Berdasarkan dari pengalaman tersebut, maka pada tahun ini Kota Malang berharap bisa menjadi yang terbaik.

Edy Sulistyono

Edy Sulistyono

MTQ XXV tahun 2013 ini akan dihelat di Kota Surabaya pada 12 Juni 2013 mendatang, dan pelepasan/pemberangkatan duta Kota Malang akan dilakukan oleh Wali Kota Malang, Drs. Peni Suparto, M.AP di balaikota. Tahun ini, ada 40 kafilah dari Kota Malang dan akan mengikuti 15 cabang lomba MTQ di Surabaya. Beberapa hal itulah yang disampaikan oleh Kepala Bagian Kesra Pemkot Malang, Edy Sulistyono, Senin (03/06) saat ditemui di ruang kerjanya.

Cabang-cabang lomba yang dimaksud, terang Edy, yaitu golongan anak-anak putra-putri, remaja, dewasa dan qiraah sab’ah. cabang tahfidz (hafalan) Al-qur’an anak-anak putra putri, 5 juz tilawah, 10 juz, 20 juz, 30 juz. Cabang tafsir Al-qur’an (bahasa Arab, Indonesia dan Inggris), cabang fahmil Al-qur’an (cerdas cermat). Cabang syahril (pidato isi kandungan Al-qur’an), cabang khat (tulis indah) golongan mushaf putra putri, dekorasi dan naskah) dan Cabang musabaqoh makalah ilmiah Al-qur’an (M2IQ)

Edy mengaku telah melakukan persiapan sejak 2 tahun lalu agar bisa meraih juara umum pada MTQ kali ini. Pada persiapan tersebut, menurutnya, sudah dilakukan pelatihan, penyaringan dan pencarian bibit baru yang mempunyai potensi tinggi. “Selain itu kami juga melakukan pembinaan rutin kepada para kafilah tiapse hari Sabtu dan Minggu yang ditempatkan di MAN 3 Kota Malang. Kami juga sering melaksanakan try out, untuk menambah skill dan kemampuan para kafilah,” sambungnya.

Sedangkan untuk menambah kepercayaan diri para kafilah, Edy mengaku jika pihaknya selalu mengikutsertakan para qori’ dan qori’ah pada momen-momen reguler yang ada di Malang, seperti halnya event yang diadakan oleh perguruan tinggi maupun pihak pemkot Malang sendiri. “Dengan demikian, selain menambah kepercayaan diri para kafilah, khususnya yang masih kategori baru, juga akan menambah kualitas mereka. Kami juga sering menampilkan kafilah pada acara-acara seremonial, seperti halnya pada pengajian-pengajian umum,” imbuhnya.

“Dengan berbagai persiapan tersebut, maka kami optimis bisa menjadi juara umum pada MTQ ke XXV mendatang di Surabaya. Kami akan berusaha semaksimal mungkin, dan kami mohon doa serta dukungan semua pihak agar kami dapat meraih apa yang kami inginkan tersebut. Jika Kota Malang bisa menjadi juara umum, maka akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kota ini dan masyarakat pada umumnya,” pungkas Edy. (say/dmb)

Tentang Achmad Syaiful Afandi

Achmad Syaiful Afandi
Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>