Rabu, 23 Juli 2014
Update Info
Beranda / Berita / Hukum, Politik, dan Pemerintahan / KPU Umumkan DCT DPRD Kota Malang

KPU Umumkan DCT DPRD Kota Malang

Blimbing, MC - Beberapa waktu lalu KPU kota Malang telah mengumumkan Daftar Calon Legislatif (caleg) Sementara (DCS), anggota DPRD Kota Malang untuk pemilu Legislatif (pileg) pada tahun 2014 mendatang. Hari ini, Kamis (22/08), KPU menggelar rapat pleno di RM Teras Bumbu untuk mengumumkan Daftar Caleg Tetap (DCT) dari 12 partai politik (Parpol) peserta pemilu.

Simbolis : Komisioner KPU Kota Malang, Rusmifahrizal Rustam menyerahkan DCT kepada perwakilan salah satu partai

Simbolis : Komisioner KPU Kota Malang, Rusmifahrizal Rustam menyerahkan DCT kepada perwakilan salah satu partai

Komisioner KPU Kota Malang, Rusmifahrizal Rustam, saat ditemui setelah rapat pleno mengatakan bahwa DCS anggota DPRD Kota Malang sebanyak 505 orang dan pada DCT ini berkurang sebanyak 4 caleg. DCT saat ini berjumlah 501. 4 orang caleg yang tidak masuk DCT, kata Rustam, berasal dari PDI Perjuangan 1 orang, PPP 1 orang dan PKPI 2 orang.

Saat ditanya alasannya kenapa keempat orang caleg itu tidak masuk DCT, menurut Rustam, pihaknya tidak tahu pasti. Alasan mereka sangat bervariasi, namun sebagian besar dari para caleg tersebut mempunyai alasan pribadi, sehingga tidak bisa dipublikasikan secara gamblang. “Setelah rapat pleno ini, parpol peserta pemilu tidak bisa lagi mengajukan calegnya, meskipun ada tiga parpol yang caleg-nya mengundurkan diri,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPC PPP Kota Malang, Abdul Rozak menyampaikan, meskipun saat ini partainya tidak mempunyai wakil di parlemen, namun ia menargetkan bisa mendapat satu kursi di lima daerah pemilihan (dapil) yang ada di Kota Malang. “Khusus untuk dapil 5, yakni Kecamatan Blimbing, kami menargetkan bisa memperoleh dua kursi, karena di dapil Blimbing ada caleg yang ditargetkan jadi, yaitu ketua TP PKK Kota Malang, Dra. Hj. Heri Pudji Utami, MAP,” ujarnya.

Perempuan berjilbab yang akrab disapa Bunda HP itu berada di nomor urut 3, dan istri Wali Kota Malang itu menggantikan caleg perempuan sebelumnya atas nama Isrotul Wahidiyah, yang mengundurkan diri karena alasan mengikuti suaminya bekerja di Kalimantan. “Dengan berkiprahnya Bunda HP ini, selain akan mendongkrak suara PPP, juga diharapkan nantinya partai berlambang ka’bah ini bisa memperoleh kursi di parlemen,” sambung Rozak.

Ditambahkan oleh Rozak, bahwa pihaknya sudah mengadakan komunikasi dengan Bunda HP yang pada bulan April lalu juga maju sebagai salah satu kandidat calon walikota Malang. “Bunda HP merupakan salah satu sosok/figur perempuan di kota Malang yang masih mempunyai magnet besar. Dia orangnya baik, bijaksana, loyal dan banyak disenangi warga, sehingga sangat dimungkinkan beliau bisa menjadi wakil PPP nantinya di DPRD Kota Malang,” imbuhnya.

Di pihak lain, sekretaris DPC PDI Perjuangan Priyatmoko Oetomo, menyampaikan jika pihaknya tetap optimis bisa menjadi anggota DPRD lagi pada periode mendatang. “Sebagai salah satu anggota partai, saya harus patuh terhadap aturan partai, dan selalu siap untuk menjalankannya. Sebagaimana pileg sebelumnya, saya caleg dari kecamatan Lowokwaru dan saat ini tidak ada perubahan. Pileg sebelumnya, dari Lowokwaru mendapat dua kursi dan pileg mendatang kami menargetkan bisa memperoleh tiga kursi,” paparnya.

“Caleg-caleg di Lowokwaru semuanya berbobot, dan kami optimis target 3 kursi itu bisa tercapai. Kami mempunyai organisasi Banteng Muda Indonesia (BMI), Pasukan Merah Putih, Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), dan beberapa organisasi sayap partai yang akan dimaksimalkan. Sehingga nantinya mesin partai dapat berjalan optimal, yang pada akhirnya akan mensupport kinerja partai dengan maksimal,” tambah pria yang akrab diapa Moko itu.

Sebagaimana diketahui, pada April lalu Moko juga menjadi salah satu kandidat calon Wakil Wali Kota Malang dari PDI Perjuangan. Ketika ditanya, apakah ada yang beda saat maju kembali menjadi caleg, pria berkumis tebal itu mengaku semuanya sama, alias tidak ada sesuatu yang beda. “Selama ini saya melaksanakan amanat partai. Jadi apapun yang diperintah partai, akan saya jalankan dengan baik, termasuk menjadi caleg saat ini,” tukasnya. (say/dmb)

Tentang Achmad Syaiful Afandi

Achmad Syaiful Afandi
Reporter Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi, ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>